Polisi Minta Pemprov DKI Perbanyak Jalur Sepeda - Kompas.com

Polisi Minta Pemprov DKI Perbanyak Jalur Sepeda

Kompas.com - 12/02/2018, 16:42 WIB
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra di Mapolda Metro Jaya, Senin (12/2/2018).KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra di Mapolda Metro Jaya, Senin (12/2/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com  Produser RTV Raden Sandy Syafiek (37) tewas ditabrak mobil saat bersepeda di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Sabtu (10/2/2018).

Atas insiden ini, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra mengatakan, pesepeda perlu perlindungan lebih.

"Sebenarnya bukan dari kepolisian saja (melindungi), dari pemerintah daerah sudah menyiapkan lajur sepeda," ujar Halim di Mapolda Metro Jaya, Senin (12/2/2018).

Baca juga: Dari Kasus Produser RTV, Sandiaga Minta Kendaraan Besar Hargai yang Lebih Kecil

Meski beberapa ruas sudah dilengkapi jalur sepeda, Halim meminta Pemprov DKI membangun jalur sepeda sehingga insiden serupa tak terulang lagi.

Karangan bunga dan rangkaian sepeda di TKP tabrak lari Produsen RTV, Minggu (11/2/2018)KOMPAS.com/STANLY RAVEL Karangan bunga dan rangkaian sepeda di TKP tabrak lari Produsen RTV, Minggu (11/2/2018)
"Sekarang bisa kita tanya Pemda, apakah sanggup dari pemda anggarannya membuat jalur sepeda di semua (jalan)," katanya.

Ia mengatakan, aturan bersepeda di jalan raya selama ini sama dengan sepeda motor. Sepeda tidak boleh menggunakan lajur cepat.

Baca juga: Kayuhan Terakhir Produser RTV Sandy Syafiek...

Di lajur lambat, mereka diminta merapat ke kiri karena berkecepatan rendah.

Sebelum Syafiek, peristiwa serupa pernah terjadi di Jalan Jenderal Sudirman pada 14 Agustus 2016 ketika Hendra Saputra (64) ditabrak pengendara mobil yang mabuk saat mengayuh sepeda.

Kompas TV Jenazah Sandy akan segera dibawa ke Bandung untuk dimakamkan di pemakaman keluarga di Jatayu, Bandung, Jawa Barat.


Komentar

Close Ads X