Jelang Imlek, Pengurus Wihara Dharma Bhakti Antisipasi Kebakaran - Kompas.com

Jelang Imlek, Pengurus Wihara Dharma Bhakti Antisipasi Kebakaran

Kompas.com - 12/02/2018, 20:29 WIB
Wihara Dharma Bhakti, Glodok, Jakarta Barat pada Senin (12/2/2018) mulai melakukan persiapan jelang perayaan Hari Raya Imlek yang jatuh ada 16 Febuari mendatang.RIMA WAHYUNINGRUM Wihara Dharma Bhakti, Glodok, Jakarta Barat pada Senin (12/2/2018) mulai melakukan persiapan jelang perayaan Hari Raya Imlek yang jatuh ada 16 Febuari mendatang.

JAKARTA, KOMPAS.com  Wihara Dharma Bhakti, Glodok, Jakarta Barat melakukan persiapan jelang hari raya Imlek yang jatuh pada Jumat (16/2/2018). Pengurus mengantisipasi agar kebakaran tidak terulang kembali seperti tahun 2015. 

Salah satu antisipasinya adalah dengan menempatkan lilin-lilin besar di dalam area wihara.

"Semua benda kami monitoring dan waspadai, saya telah perintahkan penjaga untuk berjaga. Lilin-lilin besar ditaruh di belakang. Di sana, kan, altarnya luas, ada exhaust pula, jadi aman," kata salah seorang pengurus wihara, Gunawan, Senin (12/2/2018).

Baca juga: Ada Bagi-bagi Angpau Jelang Imlek, Wihara Dharma Bhakti Dipadati Pengemis hingga Pengamen

Pihaknya juga menyediakan alat pemadam api ringan (APAR) dan selang air di beberapa titik.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, sekumpulan lilin besar masih terbungkus plastik berjajar di belakang gedung. Selain itu, terlihat pula lidi dan dupa hio di dalam dus.

Adapun kebakaran yang melalap Wihara Dharma Bhakti pada 2015 diduga disebabkan lilin yang belum dimatikan di dalam tempat ibadah.

Baca juga: Pelaku Perusakan Patung Wihara di Singkawang Mengaku Sedang Mabuk

Kebakaran tersebut menghanguskan seluruh area dan membakar banyak patung, tetapi patung tertua area inti kelenteng Dewi Kwam Im berhasil diselematkan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Kompas TV Hari Waisak, Ratusan Umat Buddha di Mojokerto Bersemadi


Komentar

Close Ads X