Pasar Kaget Ikan Bandeng Muncul di Rawa Belong Jelang Imlek - Kompas.com

Pasar Kaget Ikan Bandeng Muncul di Rawa Belong Jelang Imlek

Kompas.com - 13/02/2018, 06:01 WIB
Para penjual ikan bandeng dadakan muncul di Pasar Rawa Belong, Palmerah, Jakarta Barat pada Senin (12/2/2018), jelang perayaan Hari Raya Imlek.RIMA WAHYUNINGRUM Para penjual ikan bandeng dadakan muncul di Pasar Rawa Belong, Palmerah, Jakarta Barat pada Senin (12/2/2018), jelang perayaan Hari Raya Imlek.

JAKARTA, KOMPAS.com - Begitu memasuki gapura Pasar Rawa Belong, Jalan Sukabumi Utara, Palmerah, Jakarta Barat, pembeli kini langsung menemukan deretan penjual ikan bandeng.

Mereka muncul sejak Senin (12/2/2018) kemarin. Penjualan ikan bandeng itu muncul dadakan, hanya setahun sekali, jelang perayaan Hari Raya Imlek yang tahun ini jatuh pada 16 Febuari ini atau pada Jumat mendatang.

Masyarakat Tiongoa percaya Ikan, konsumsi ikan bandeng saat Imlek atau Tahun baru China mendatangkan keberuntungan.

"Ini baru hari pertama. Nanti akan lanjut empat hari sampai Jumat malam," kata Rahmat, seorang pedagang kemarin.

Ada sekitar 20 lapak penjual ikan bandeng di kawasan tersebut. Mereka menjual ikan bandeng dalam gerobak terbuka dengan beralas daun pisang.

Masing-masing kios menawarkan harga dasar yang beragam, mulai dari Rp 40.000, Rp 50.000 sampai Rp 70.000 per kilogram. Bahkan ada yang lebih mahal lagi dari itu.

Edi, salah satu pedagang ikan bandeng itu, mengatakan, ia biasanya membuka lapak di pasar di kawasan Slipi. Ia menjadikan kawasan Rawa Belong sebagai tempat tahunan menjual ikan bandeng.

Para pembeli ikan bandeng di Rawa Belong itu beragam, tidak hanya warga etnis Tionghoa.

"Orang Betawi nyarinya yang gede dan pasti bandeng laut. Kalau China enggak mau bandeng tambak. Mereka pun enggak mau ukuran lebih dari 2,2 kilogram. Mungkin itu kepercayaan mereka," kata Edi.


Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X