"Masa di Jakarta Masih Ada Jalanan kayak di Gunung seperti Ini..." - Kompas.com

"Masa di Jakarta Masih Ada Jalanan kayak di Gunung seperti Ini..."

Kompas.com - 13/02/2018, 13:35 WIB
Kondisi jalan di Kawasan Berikat Nusantara, Marunda, Jakarta Utara, yang rusak berat, Selasa (13/2/2018)KOMPAS.COM/Ardito Ramadhan D Kondisi jalan di Kawasan Berikat Nusantara, Marunda, Jakarta Utara, yang rusak berat, Selasa (13/2/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruas jalan di Kompleks Kawasan Berikat Nusantara, Marunda, Jakarta rusak parah. Sejumlah pengguna jalan pun mengeluhkan kondisi jalan yang rusak sejak beberapa tahun terakhir itu.

Pantauan Kompas.com, Selasa (13/2/2018), sejumlah lubang dalam berbagai ukuran ditemukan di pintu masuk KBN Marunda, tepatnya di Jalan Jayapura.

Sejumlah kendaraan, baik motor dan truk, terlihat kesulitan menghindari lubang-lubang yang menghiasi jalan. Mereka khawatir lubang-lubang tersebut dapat merusak kendaraan mereka.

"Saya paling enggak suka lewat sini. Lewat sini kalau terpaksa bawa penumpang aja. Lubangnya besar-besar banget, saya takut shockbreaker motor saya rusak," kata Nurhasan, seorang pengemudi ojek yang ditemui Kompas.com.

Baca juga : Perbaikan Jalan Rusak di Jakarta Dimulai Maret 2016, Ini Lokasinya

Tono, salah seorang warga sekitar, mengamini ucapan Nurhasan. Ia mengatakan, sering melihat kendaraan yang rusak atau mogok karena tidak bisa melalui jalan tersebut.

"Banyak, Mas, kendaraan yang rusak, truk juga banyak yang patah as," kata Tono.

Indra, warga lainnya, menyebut jalan tersebut sudah lama tidak diperbaiki.

"Sudah lama mas, mungkin sudah lebih dari lima tahun," katanya.

Baca juga : Jalan Rusak di Jakarta Diklaim Tinggal 289 Titik, Ini Lokasinya

Tak hanya berlubang, pengguna jalan juga mengeluhkan minimnya pencahayaan di jalan tersebut.

"Di sini kalau malam gelap banget, Mas. Apalagj kalau hujan, bahaya banget, lubang-lubangnya jadi enggak kelihatan dan rawan kecelakaan," kata Nurhasan.

Ia berharap agar jalan di KBN Marunda  dapat segera diperbaiki.

"Inginnya sih pemerintah bisa beresin jalan ini. Sejak zaman (pemerintahan) Jokowi dan Ahok juga sudah rusak. Masa di Jakarta masih ada jalanan kayak di gunung seperti ini," kata Nurhasan.

Kompas TV Sudarto, warga Desa Karangharjo, Kecamatan Panunggalan, Grobogan, meluangkan waktunya untuk memperbaiki jalan rusak yang ada di daerahnya.


Komentar

Close Ads X