Pemkot Depok Sebut Rawat 23 Situ Secara Swakelola - Kompas.com

Pemkot Depok Sebut Rawat 23 Situ Secara Swakelola

Kompas.com - 13/02/2018, 22:29 WIB
Alat berat sedang melakukan normalisasi Situ agar resapan air di Situ berjalan maksimal.Dokumen Dinas PUPR Kota Depok Alat berat sedang melakukan normalisasi Situ agar resapan air di Situ berjalan maksimal.

DEPOK, KOMPAS.com  Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Depok Manto mengatakan, perawatan situ yang tersebar di wilayahnya dilakukan swakelola atau dengan alat berat yang dimiliki sendiri.

Meski demikian, pihaknya tidak menyebutkan anggaran yang digelontorkan untuk merawat 23 situ.

"Pemeliharaan situ secara spesifik, dalam hal ini, dengan belanja modal tidak diperkenankan secara regulasi, mengingat penanganan situ adalah kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC)," kata Manto saat dikonfirmasi, Selasa (13/2/2018).

Baca juga: Ada 23 Situ di Depok Diharapkan Tidak Beralih Jadi Bangunan

Saat ini, pihaknya fokus menormalisasi tiga situ di Depok, yakni Pengasinan, Cilodong, dan Pladen.

"Kami inginkan fungsi penyerapan air situ lebih maksimal," ucapnya.

Penggiat lingkungan dan pengamat tata kota sebelumnya meminta Pemkot Depok memelihara 23 situ agar tidak beralih fungsi.

Baca juga: 5 Spot Instagramable di Situ Cisanti Bandung

Jika tidak dipelihara, maka tak ada lagi daerah serapan air.

Selain itu, limpahan air dari Bogor juga akan semakin cepat menuju Jakarta dan menyebabkan banjir.

"Untuk situ sudah ada peraturan dari Kementerian PUPR, situ memang masih menjadi tanggung jawab pusat yakni PUPR, tetapi pengelolaannya oleh Pemkot Depok," kata Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga.

Baca juga: 8 Tips Wajib Tahu Sebelum Liburan ke Situ Cisanti Bandung

Selain banjir, Nirwono juga mengkhawatirkan keberadaan situ beralih fungsi seiring perkembangan masyarakat sekitar.

Koordinator Ruang Terbuka Hijau (RTH) Movement, Alfred Sitorus mengatakan, jika 23 situ terpelihara, maka fungsinya sebagai tempat serapan air dapat optimal.

"Depok seharusnya bisa berbangga hati karena memiliki 23 situ yang mampu menampung air terlebih dahulu dan bisa memperlambat aliran air ke Jakarta. Oleh karena itu, harus dipelihara," ucap Alfred.

Kompas TV Harga beras kualitas medium di Pasar Induk Beras meningkat hingga di atas harga eceran tertinggi sebesar 9.450 rupiah per kilogram.


Komentar

Close Ads X