Komunitas Sepeda Minta Sandiaga Kampanyekan "Jakarta Sahabat Sepeda" - Kompas.com

Komunitas Sepeda Minta Sandiaga Kampanyekan "Jakarta Sahabat Sepeda"

Kompas.com - 14/02/2018, 07:45 WIB
Karangan bunga dan rangkaian sepeda di TKP tabrakan Produsen RTV, Minggu (11/2/2018)Stanly Ravel Karangan bunga dan rangkaian sepeda di TKP tabrakan Produsen RTV, Minggu (11/2/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Komunitas pekerja bersepeda Rocketers meminta ke Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno untuk mengampanyekan "Jakarta Sahabat Sepeda".

Juru Bicara Rocketers Chaidir Akbar mengatakan kampanye ini untuk membiasakan Jakarta yang ramah terhadap pesepeda dan pejalan kaki.

"Harapannya kepada Pak Wagub untuk sosialisasi secara formil di jalanan kota dengan rambu imbauan #berbagijalan dan #salingmenghargai. (Karena) perilaku pengguna jalan  kan sebenernya masalah yang paling besar," ujarnya ketika dihubungi, Selasa (13/2/2018).

Selain pemasangan rambu, Rocketers juga berharap Pemprov DKI Jakarta memastikan jalur jalan raya mulus dan aman dari lubang yang dapat membahayakan pesepeda dan pengguna jalan lain. Akbar menyebut perlu ada perbaikan penutup gorong-gorong air di jalanan.

Baca juga : Komunitas Sepeda Minta DKI Tidak Memindahkan Monumen Ghost Bike

"Sehingga mengurangi resiko celaka karena terjebak lubang penutup gorong-gorong yang tidak tepat fungsi dan desainnya," ujar Akbar.

Sandiaga sendiri menyatakan akan menggandeng 5pengendara kendaraan bermotor menghormati pesepeda dan pejalan kaki.

"Pejalan kaki harus dimuliakan, berikutnya adalah kendaraan yang sangat ramah lingkungan dan mengedepankan gaya hidup sehat, sepeda. Setelah itu baru yang sedikit lebih besar, sepeda motor, mobil, dan seterusnya, dan seterusnya. Dengan budaya dan etika seperti itu kita semua menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas," ujar Sandiaga.

Baca juga : Perbanyak Jalur Sepeda, Pemprov DKI Tunggu Usulan Komunitas

Diberitakan sebelumnya, pesepeda Raden Sandy Syafiek meninggal setelah ditabrak MJ menggunakan mobil Dodge Journeu pada Sabtu (10/2/2018) pagi. MJ sendiri kini sudah ditetapkan menjadi tersangka setelah menyerahkan diri pada Sabtu siang.


Komentar

Close Ads X