Polisi Tak Temukan Eksploitasi terhadap Bocah yang Terbaring Lemas di Minimarket - Kompas.com

Polisi Tak Temukan Eksploitasi terhadap Bocah yang Terbaring Lemas di Minimarket

Kompas.com - 15/02/2018, 20:28 WIB
Seorang anak tampak tertidur lemas di suatu minimarket kawasan Jakarta Pusat. Diduga, anak ini merupakan anak yang disewa. INSTAGRAM/@nanaaelena Seorang anak tampak tertidur lemas di suatu minimarket kawasan Jakarta Pusat. Diduga, anak ini merupakan anak yang disewa.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolres Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu mengatakan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap Zafrul, laki-laki yang bersama seorang bocah bernama MU yang terbaring di lantai minimarket dan videonya menjadi viral.

Saat pemeriksaan, Rabu (14/2/2018), Zafrul mengaku bahwa dia merupakan ayah kandung MU.

"Setelah kami lakukan pengembangan, bahwa dia merupakan ayah kandung dari anak tersebut," ujar Roma di Mapolres Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2018).

Baca juga : Viral Bayi Terbaring di Minimarket, Polisi Amankan Zafrul karena Diduga Eksploitasi Anak

Roma menyampaikan, berdasarkan keterangan Zafrul, dia membawa MU untuk mengamen agar mendapatkan uang lebih atas empati yang diberikan masyarakat.

Namun, Roma mengatakan bahwa tidak ditemukan unsur eksploitasi yang dilakukan Zafrul terhadap MU.

Zafrul membawa MU untuk mengamen karena desakan ekonomi. Zafrul yang berasal dari Sumatera Utara itu tinggal di emperan jalan di kawasan Jakarta Pusat bersama istri dan empat orang anaknya.

Zafrul juga mengaku tak pernah menyewakan anaknya kepada orang lain. Hasil pemeriksaan pun menunjukkan tidak adanya penggunaan zat adiktif di tubuh MU yang menjadikan anak itu terlihat lemas.

MU terlihat lemas diduga karena kelelahan mengikuti Zafrul seharian. Selanjutnya, Zafrul dan keluarganya akan diurus oleh pihak Dinas Sosial DKI Jakarta.

"Hasil pemeriksaan sementara, tidak ditemukan adanya tanda-tanda dia diberi obat tidur atau bentuk kekerasan lainnya," ujar Roma.

Baca juga : Viral, Video Anak Balita Tergeletak Lemas di Lantai Minimarket

Zafrul diamankan polisi setelah video yang memperlihatkan MU terbaring lemas, viral di media sosial.

Video MU diunggah pemilik akun Instagram @nanaaelena. Berdasarkan keterangan video itu, MU berusaha untuk duduk tetapi tampak tak sanggup duduk.

Beberapa kali sang anak dalam video itu terjatuh di lantai. Ia bersama Zaflur yang tengah menghitung uang hasil mengamen dengan seruling.


Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X