Bank DKI Siapkan Modal Rp 10 Juta Bunga 7 Persen untuk Anggota OK OCE - Kompas.com

Bank DKI Siapkan Modal Rp 10 Juta Bunga 7 Persen untuk Anggota OK OCE

Kompas.com - 15/02/2018, 21:15 WIB
Direktur Bisnis Bank DKI Antonius Widodo Mulyono dan Ketua Perkumpulan Gerakan OK OCE Faransyah Jaya di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (15/2/2018).KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR Direktur Bisnis Bank DKI Antonius Widodo Mulyono dan Ketua Perkumpulan Gerakan OK OCE Faransyah Jaya di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (15/2/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank DKI tengah menyiapkan skema pinjaman modal bagi anggota gerakan kewirausahaan OK OCE.

Direktur Bisnis Bank DKI Antonius Widodo Mulyono menyebut, kredit ini dinamakan Monas Pemula, khusus bagi pengusaha mikro, kecil, dan menengah yang ingin merintis bisnis.

"Kami menyiapkan dukungan permodalan plafon Rp 10 juta, kemudian suku bunganya itu 7 persen," ujar Widodo di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (15/2/2018).

Baca juga : Sandiaga: Banyak yang Kritik, Mana Nih Permodalan OK OCE?

Tingkat bunga itu, kata Widodo, mengacu pada suku bunga kredit usaha rakyat (KUR) yang ditetapkan pemerintah awal tahun ini sebesar tujuh persen. Bank DKI sendiri belum punya fasilitas KUR.

Widodo mengatakan, kredit Monas Pemula ini hanya bisa diakses warga DKI Jakarta yang merupakan anggota OK OCE dan sudah melalui enam dari tujuh tahapan program OK OCE.

"Ini melalui tahapan 7 PAS, nanti sudah melewati 6 PAS ada sertifikat OK OCE, ini sasaran kami," ujar Widodo.

Tujuh PAS yang dimaksud yakni pendaftaran (P1), pelatihan (P2), pendampingan (P3), perizinan (P4), pemasaran (P5), pelaporan keuangan (P6), dan permodalan (P7).

Widodo mengatakan, kredit yang diterima nanti akan dicicil terjadwal seperti kredit pada umumnya.

"Kredit ini tentu saja skemanya angsuran terjadwal bisa satu tahun atau bisa satu setengah tahun, tergantung kebutuhan. Bisa untuk modal kerja atau investasi," katanya.

Baca juga : Mimpi Sandiaga Jadikan Pengusaha OK OCE Melesat seperti PT Go-Jek

Program OK OCE digagas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Namun, Pemprov tidak menyediakan anggaran untuk memberi modal peserta OK OCE. Mereka hanya membantu mencarikan modal ke bank atau lembaga lainnya.


Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X