Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Ingin Pedagang Latihan Fire Drill agar Pasar Zero Accident

Kompas.com - 01/03/2018, 08:57 WIB
Jessi Carina,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno ingin mengejar target zero accident atau tanpa kecelakaan di pasar-pasar di Jakarta. Dia mau pedagang pasar mengikuti latihan keselamatan kerja seperti bagaimana menghadapi kebakaran atau fire drill.

"Kalau kebakaran larinya ke mana, harus apa. Keselamatan dan kesehatan itu ada latihannya, ada drill-nya," kata Sandiaga di Pasar Induk Kramat Jati, Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur, Kamis (1/3/2018).

Ia menyampaikan hal itu saat pelantikan Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3). P2K3 merupakan tim yang akan melatih keselamatan kerja pada pedagang pasar di Jakarta.

Sandiaga mengatakan, salah satu kecelakaan yang paling banyak terjadi di pasar adalah kebakaran. Itu sebabnya dia ingin pedagang pasar berlatih fire drill agar bisa siap saat menghadapi situasi yang tidak diinginkan itu.

Baca juga : 87 Persen Kecelakaan Kerja Disebabkan Kesalahan Manusia

Dia mengatakan, bahaya di pasar bisa datang kapan saja. Sandiaga ingin pedagang juga berlatih untuk mewaspadai potensi kecelakaan di tempat kerja.

"Saya akui ini tidak mudah, tidak ringan karena pasar itu sarana publik, tempat orang berkumpul. Makanya saya ingin kita pastikan kurangi risiko seminimal mungkin," ujar Sandiaga.

Selain fire drill, masih banyak latihan keselamatan lain yang bisa diberikan untuk pedagang. Misalnya pelatihan tentang kelistrikan. Hal itu berguna untuk menghindari konsleting listrik yang bisa menjadi penyebab kebakaran.

P2K3 berasal dari perwakilan 153 pasar di Jakarta. Mereka yang akan menyebarkan informasi tentang keselamatan kepada pedagang pasar lainnya.

Baca juga : Mendag: Korban Kebakaran Pasar Induk Kramat Jati Tak Perlu Cemas soal Bantuan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com