Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies Minta Jaring Penyaring Sampah ke Menteri Susi

Kompas.com - 18/03/2018, 13:14 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, telah meminta jaring penyaring sampah kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Jaring itu akan dipasang di sungai-sungai yang ada di Jakarta.

"Saya sudah bicara dengan Bu Susi kita akan mendapatkan jaring-jaring juga nanti dari kementerian yang akan dipakai untuk menghentikan sampah-sampah agar tidak sampai mengalir ke muara," ujar Anies di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (18/3/2018).

Anies menyebutkan, untuk mengatasi permasalahan lautan sampah di Muara Angke, Jakarta Utara harus dari hilirnya.

"Harus dari hilir, ke tengah dan hulu, jadi kita nanti akan siapkan jaring-jaring untuk menjaring sampah yang keluar dari sungai-sungai di DKI," kata Anies.

Baca juga: Susi Kembali Tantang Sandi Bertanding di Danau Lain di Jakarta

Seperti diberitakan, sampah memenuhi bibir pantai di kawasan hutan bakau Muara Angke, Jakarta Utara.

Proses pembersihan lautan sampah di Muara Angke telah dimulai sejak Sabtu (17/3/2018) pagi.  Pembersihan ditargetkan dapat selesai dalam waktu satu pekan. Sampah-sampah tersebut nantinya akan diangkut ke Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu Bantargebang.

Kompas TV Susi Pudjiastuti mengatakan kalau keprihatinan dia mengenai terumbu karang sekarang adalah untuk terus menjaga laut dari kapal asing yang merusak.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com