JAKARTA, KOMPAS.com - Ondel-ondel masih menjadi bagian tak terpisahkan dari Kota Jakarta yang hari ini berulang tahun ke 491. Ikon kebudayaan Betawi itu terus merangkak, berupaya bangkit dari keterpurukan.
Makin sering ditemui ondel-ondel diarak keliling kampung oleh sejumlah orang dalam rangka mengamen, meminta-minta uang receh dari warga di tanah kelahiran ondel-ondel itu sendiri.
Para pihak yang mengamen dengan ondel-ondel itu menilai bahwa kegiatan tersebut tidak hanya bertujuan mencari uang tetapi sekaligus melestarikan budaya Betawi. Namun tak semua setuju dengan pendapat itu.
Baca juga: Ondel-ondel Cantik Itu Dulunya Berwajah Seram
Pemerhati budaya Betawi asal Kemayoran, Ahmad Suaip alias Davi, melihat itu sebagai kondisi dilematis. Di satu sisi, memang ada seniman Betawi yang merasa sah-sah saja ondel-ondel dijadikan sarana mengamen.
"Katanya ada sejarawan yang bilang dulunya ondel-ondel itu juga memang untuk ngamen," kata Davi saat ditemui Kompas.com di Kemayoran, Rabu (20/6/2018).
Namun Davi merasa seharusnya ondel-ondel tak diperlakukan seperti itu. Davi mengatakan mereka yang mengamen dengan ondel-ondel murni melakukanya untuk mencari uang, bukan untuk melestarikan ondel-ondel itu sendiri.
Ia mengatgakan, tak masalah jika boneka raksasa itu digunakan untuk mencari uang, tetapi mencari uang yang bagaimana, mengamen yang bagaimana?
"Kalau yang sekarang terjadi, ngamennya tidak niat. Lihat, alat-alatnya tidak lengkap, musiknya kadang lagu dangdut, yang ngamen tidak pakai seragam cuma kaos saja, ngerokok lagi kadang-kadang," ujar Davi.
"Apa yang seperti itu disebut melestarikan budaya? Orang yang ngamen begini, enggak berniat melestarikan segala macam, tujuannya hanya cari duit," tambah dia.
Kekhawatiran
Ondel-ondel juga jangan dijadikan mata pencaharian satu-satunya.
"Harusnya untuk makan, ya dia harus bekerja, bukan menjual budaya," kata Davi.
Baca juga: Sosok Rafli, Pemuda Penjaga Budaya Betawi Lewat Ondel-ondel
Davi khawatir hal itu malah memberi citra buruk bagi seniman dan ondel-ondel Betawi.
Davi mengatakan seharusnya Lembaga Kebudayaan Betawi bisa membina pengamen-pengamen itu. Pemerintahan juga harusnya bisa mengambil peranan lebih besar.