Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buaya 2 Meter di Kali Grorol Lolos dari Perangkap Jaring

Kompas.com - 29/06/2018, 18:36 WIB
David Oliver Purba,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta yang menangani reptil, Nasum Usuf mengatakan, hampir menangkap seekor buaya berukuran sekitar 2 meter di Kali Grogol, Jakarta Barat, Jumat (29/6/2018).

Namun, buaya itu lolos dari perangkap jaring sepanjang 20 meter yang dipasang di sekitar kali.

"Hari ini ada kemunculan sekitar satu ekor berukuran kurang lebih 2 meter. Pas di-handling ternyata lolos dari bawah jaring," ujar Nasum di lokasi.

Perangkap lain menggunakan pancing yang diisi daging ayam juga tidak bisa memancing buaya untuk keluar. Diduga buaya enggan keluar dari persembunyiannya karena ramainya warga yang menonton.

Baca juga: Warga Ingin Lihat Buaya di Kali Grogol, Penjaga Rel Kereta Was-was

Nasum bersama petugas lainnya termasuk anggota Jakarta Animal Aid Network (JAAN) yang ikut membantu, akan membuat rencana baru untuk menangkap buaya tersebut.

Nasum mengatakan, Jumat sore ini pihaknya telah menghentikan pencarian. Pencarian akan kembali dimulai pukul 20.00 atau 21.00. Nasum mengatakan, hingga kini belum ada rencana pihaknya menambah personel.

"Kalau personel dibilang kurang, ya sedang, tapi ini kan buaya ukuran sedang ya kalau lebih besar, lebih banyak (personelnya). Kalau masih dua meter kita masih bisa tangani," ujar Nasum.

Baca juga: Petugas Sebut Ada 3 Buaya di Kali Grogol, Terpanjang 2,5 Meter

Warga dihebohkan dengan kemunculan buaya di Kali Grogol, Jakarta Barat, Rabu pekan ini. Dugaan sementara ada tiga buaya yang berkeliaran di lokasi tersebut dengan ukuran terbesar 2,5 meter.

Namun, warga dan sejumlah petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) yang bekerja di kawasan tersebut sering melihat penampakan buaya. Belum diketahui buaya jenis muara itu berasal.

Kompas TV Petugas kesulitan menangkap buaya yang belum diketahui berasal dari mana ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com