Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies: Seru Ada Drama, Jadi Bantuan untuk "Assessment" Karakter Staf

Kompas.com - 18/07/2018, 13:09 WIB
Jessi Carina,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai rotasi pejabat yang dia lakukan ditanggapi dramatis. Meski demikian, dia mengatakan hal ini justru membantunya dalam menilai karakter pejabat-pejabat yang kena rotasi.

"Memang seru ya ada drama, jadi cerita Whatsapp, tapi buat saya malah jadi bantuan bagi kami dalam melakukan assessment atas karakter-karakter staf kita, mana yang tabah, mana yang tenang, mana yang siap selalu bekerja," ujar Anies di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Rabu (18/7/2018).

Sebelum pelantikan, Anies memberitahu pemberhentian wali kota melalui telepon. Bahkan ada mantan wali kota yang mengaku dihubungi lewat aplikasi WhatsApp.

Baca juga: Sudah Temui KASN, Anies Jelaskan Alasan Pergantian Wali Kota yang Tak Diumumkan ke Publik

Anies mengatakan pemberhentian semacam itu merupakan hal yang normal. Dalam sebuah organisasi, perombakan adalah hal biasa untuk penyegaran.

Dia pun meminta agar transisi antara wali kota yang lama ke yang baru ini bisa berjalan baik. Anies sadar bahwa pengumumannya begitu cepat.

Oleh sebab itu, dia pun tidak meminta para mantan wali kota untuk buru-buru melepas fasilitas yang selama ini digunakan.

Selain itu, menurut Anies, perombakan ini justru membuka kesempatan bagi para pejabat untuk ikut promosi. Bagi aparatur sipil negara (ASN), sudah sewajarnya menerima keputusan yang dibuat pimpinan.

"Ini jadi bahan kita juga untuk juga melakukan assessment," kata Anies.

Baca juga: Perombakan Jabatan di DKI Diselidiki Komisi ASN, Ini 4 Pembelaan Anies

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com