Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masa Uji Coba LRT Jakarta Digunakan untuk Sesuaikan dengan Perilaku Warga

Kompas.com - 15/08/2018, 18:34 WIB
Ardito Ramadhan,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Masa uji coba operasi Light Rail Transit (LRT) Jakarta menjadi sarana penyesuaian operasional LRT dengan perilaku warga Jakarta yang akan menjadi penumpangnya.

Direktur Utama PT LRT Jakarta Allan Tandiono mengatakan, operasional LRT Jakarta sudah diatur berstandar internasional yang dikhawatirkan tidak sesuai dengan perilaku warga Jakarta.

"Dulu kan Gubernur minta kelas dunia, tapi kita pikir juga nih perilaku warga Jakarta. Setengah menit kita buka keretanya, nanti ada orang yang lari-lari complain enggak," kata Allan di Stasiun Velodrome, Rabu (15/8/2018).

Allan menuturkan, pihaknya mengatur supaya pintu kereta terbuka selama setengah menit saat tiba di stasiun. Namun, hal itu akan disesuaikan dengan perilaku penumpang selama masa uji coba.

Baca juga: Diuji Coba Mulai Hari Ini, Kereta LRT Jakarta Melaju 40 km/jam

"Di sini kan banyak Indonesian style gitu ya, last minute. Nah, ini yang benar-benar harus kita lihat perilakunya, apakah setengah menit benar-benar pas atau harus lebih, satu menit misalnya," kata Allan.

Ia menambahkan, kecepatan eskalator juga akan disesuaikan dengan perilaku warga Jakarta. Pasalnya, eskalator yang dipasang di tiap stasiun bergerak lebih cepat dari eskalator lain yang ada di Indonesia.

Penyesuaian akan dilakukan dengan mempertimbangkan kemampuan orang lansia dan anak kecil dalam menggunakan ekkalator yang berkecepatan lebih tinggi.

"Kalau di sana (luar negeri), kan sudah puluhan tahun ada transportasi bagus seperti ini, kalau kita kan masih belajar. Itulah gunanya uji operasi," katanya.

Hari ini LRT Jakarta memulai uji coba operasi terbatas yang hanya bisa diikuti kalangan tertentu dan hanya memfungsikan dua stasiun yaitu Stasiun Velodrome dan Stasiun Boulevard Utara.

LRT Jakarta membentang sepanjang 5,8 kilometer dari kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara hingga Rawamangun, Jakarta Timur. Awalnya, proyek ini ditargetkan rampung sebelum Asian Games 2018 digelar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com