Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Jakut Akan Rapikan Kabel yang Semrawut di Jalan-jalan Protokol

Kompas.com - 09/10/2018, 18:09 WIB
Ardito Ramadhan,
Icha Rastika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Administratif Jakarta Utara akan merapikan untaian kabel yang dinilai semrawut di sejumlah titik di wilayah Jakarya Utata.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Utara Suroto mengatakan, kabel-kabel yang berada di atas tanah itu akan dibenamkan di bawah tanah menggunakan boks utilitas.

"Tiang kabel itu akan dikurangi. Bila perlu, kalau sudah tertata rapi kita hilangkan. Semua akan di-ducting ada di boks utilitas," kata Suroto saat ditemui di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Selasa (9/10/2018).

Baca juga: Kabel Utilitas di Beberapa Titik Jalan Raya Kalimalang Wilayah Bekasi Semrawut

Suroto menyampaikan, penataan tersebut akan dimulai dari jalan-jalan protokol, seperti Jalan Yos Sudarso, Jalan Raya Plumpang, Jalan Danau Sunter Utara, Jalan Danau Sunter Selatan, dan Jalan Raya Lodan.

Sementara itu, untuk penataan kabel di jalan lingkungan belum bisa dilakukan dalam waktu dekat.

"Titiknya berapa, belum ada angkanya, tetapi hampir semua sudut, terutama di tempat padat itu kumuh banget itu. Tetapi ke depan kita akan rapikan, kita akan tata lebih baik lagi supaya tidak semrawut," ujar Suroto.

Ia mengatakan, Pemkot Jakut sudah mengumpulkan 35 vendor pemilik kabel untuk mempersiapkan penataan kabel-kabel tersebut.

Kepala Seksi Kelengkapan Prasarana Jalan dan Jaringan Utilitas Sudin Bina Marga Jakarta Utara Libertus Sagala mengatakan, Pemkot Jakarta Utata tengah berkoordinasi dengan sejumlah vendor pemilik kabel-kabel tersebut.

Ia mengatakan, proses koordinasi akan memakan waktu tiga minggu dan paling lambat proses penataan akan dimulai pada bulan depan.

"Sekarang ini masih proses koordinasi, ditargetkan sebulan ke depan harus sudah action," katanya.

Baca juga: Ada Kabel-kabel Menjuntai di Jalur Pejalan Kaki Kemanggisan

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Instagram-nya menyebut Pemprov DKI Jakarta akan menata kabel-kabel yang dinilai semrawut.

"Pemprov DKI mengawasi dan menertibkan soal kabel-kabel yang berantakan ini. Para pemilik kabel-kabel fiber optik harus segera bereskan kesemrawutan kabel-kabel mereka ini," tulis Anies pada akun Instagram-nya, Minggu (16/9/2018) lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com