Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selundupkan Ekstasi Dalam Makanan Ringan, Sindikat Narkoba Internasional Ditangkap

Kompas.com - 24/03/2019, 18:52 WIB
Jimmy Ramadhan Azhari,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Unit Narkoba Polres Metro Jakarta Barat meringkus tiga orang bandar yang selundupkan narkoba jenis ekstasi menggunakan kemasan makanan ringan di Tamansari, Jakarta Barat.

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Erick Frendiz mengatakan, ketiga pelaku tersebut sudah tujuh kali mengelabui pemeriksaan bandara dengan menggunakan cara tersebut.

"Barang bukti yang kami amankan berupa dua bungkus Kemasan Keripik Kentang Telur Asin berisi 1.900 Butir ekstasi logo Instagram warna ungu, 1.600 butir ekstasi logo KENZO warna oranye, dan 300 butir ekstasi logo monyet warna pink, 6 unit handphone berbagai merk milik tersangka," ujar Erick saat dikonfirmasi Kompas.com Minggu (24/3/2019).

Baca juga: Pemilik Warung Jadi Bandar Narkoba, 10 Kg Sabu Disimpan Dalam Bungkus Makanan dan Karung

Lebih lanjut, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi menjelaskan, ketiga pelaku tersebut merupakan sindikat jaringan Internasional yang mengedarkan narkoba di Malaysia, Batam, Medan, dan Jakarta.

Hengki mengatakan, ketiga tersangka tersebut ditangkap di dua lokasi dan waktu yang berbeda.

Awalnya, kepolisian mengamankan YT (34) dan DO (34) yang berperan sebagai kurir ditangkap di sebuah hotel di kawasan Tamansari Jakarta Barat pada Senin (11/2/2019) dini hari.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, YT dan DO mendapatkan barang haram tersebut dari seorang Warga Negara Malaysia berinisial G.

"Satunya lagi, diamankan di Bandara Kualanamu, Medan pada 16 Maret setelah kita melakukan pengembangan,"Ucap Hengki.

Ketiga pelaku saat ini ditahan di Polres Metro Jakarta Barat untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut.

"WNA berinisial G ini berkolaborasi dengan jaringan narkoba di lapas Tanjung Gusta dan dikendalikan bandar internasional yg sering berada di Penang, Malaysia," pungkas Hengki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com