Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Overpass Ahmad Yani Mungkin Dibangun Berbarengan dengan Penutupan Simpang BCP

Kompas.com - 18/07/2019, 18:38 WIB
Vitorio Mantalean,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

BEKASI, KOMPAS.com - Pembangunan overpass Jalan Ahmad Yani di Bekasi, Jawa Barat, besar kemungkinan dilakukan bersamaan dengan pembangunan pier Tol Becakayu di simpang Bekasi Cyber Park (BCP). Pembangunan pier Tol Becakayu yang berdampak pada penutupan persimpangan BCP akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Kemungkinan bareng pasti, karena target Desember harus tuntas pembangunan overpass," ujar Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Johan Budi, saat dihubungi Kamis (18/7/2019).

Johan menyayangkan pembangunan overpass ini molor jauh dari target. Padahal, idealnya, overpass Ahmad Yani harus terlebih dulu rampung sebelum pembangunan pier Tol Becakayu menutup Jalan KH Noer Ali dan Jalan Mayor Hasibuan.

Baca juga: Halau Truk Besar Masuk Kalimalang, Portal Akan Dipasang di Pintu Keluar Tol

 

PT KKDM sebagai penggarap proyek Tol Becakayu diwajibkan membangun overpass Ahmad Yani sebagai bentuk kompensasi atas imbas kemacetan yang timbul selama pembangunan

"Saya sebenarnya minta overpass duluan jadi sebenarnya di Januari, maksudnya jadi dan mulai dibangun. Cuma ada kendala teknis, katanya," ujar Johan.

"Mungkin Agustus awal kali baru mulai dibangun. Yang saya tahu empat bulan pembangunannya. Berbarengan semua," imbuhnya.

Johan mengatakan, hingga ini pihaknya belum menerima desain final pembangunan overpass Ahmad Yani. Dia hanya bisa berharap, pembangunan overpass Ahmad Yani yang dikerjakan berbarengan dengan penutupan simpang BCP imbas pembangunan pier Tol Becakayu tidak mengganggu upaya rekayasa lalu lintas.

"Saya harap enggak ada gangguan terhadap jalan pengalihan nanti saat pembangunan overpass. Kalo ada pennyumbatan lagi, gila saja, benar enggak?" kata Johan.

Imbas pembangunan pier Tol Becakayu tersebut, kendaraan dari arah Bekasi tak bisa melintas dari Jalan Mayor Hasibuan ke Jalan KH Noer Ali (Kalimalang). Kendaraan dari arah Jalan Mayor Hasibuan akan diarahkan ke jembatan yang akan dibangun melintangi Kalimalang, menyeberang ke Jalan Pengairan samping Giant Mega Bekasi Hypermall.

Setibanya di persimpangan Ahmad Yani, kendaraan akan diarahkan ke Jakarta lewat Jalan Kalimalang sisi selatan depan Metropolitan Mal dengan dua skema.

Pertama, kendaraan diarahkan menuju kolong jembatan layang Pekayon untuk putar balik. Kedua, Dinas Perhubungan Kota Bekasi bakal menyodet median Jalan Ahmad Yani agar kendaraan dari jalan sisi Giant bisa langsung tembus ke jalan sisi Metropolitan Mal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com