Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Demonstrasi Mahasiswa Papua, Jalan Medan Merdeka Utara Macet

Kompas.com - 28/08/2019, 15:13 WIB
Dean Pahrevi,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, tersendat lantaran adanya aksi demonstrasi mahasiswa asal Papua terkait tolak rasialisme terhadap rakyat Papua, Rabu (28/8/2019).

Pantauan Kompas.com pada pukul 14.08 WIB, arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Utara macet hingga sekitar 300 meter karena aksi massa yang mencapai 500 orang itu hampir menutup seluruh badan jalan.

Kasatlantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Sri Widodo mengimbau para pengendara yang hendak melintas di Jalan Medan Merdeka Utara agar menghindari jalan tersebut karena ada demonstrasi mahasiswa Papua.

"Mohon izin diimbau ya hindari Jalan Medan Merdeka Utara terlebih dahulu," kata Sri Widodo saat dihubungi Kompas.com, Rabu.

Belum diketahui sampai pukul berapa aksi akan berlangsung. Kendati demikian, sejumlah petugas kepolisian masih mengawal demonstrasi sekaligus mengatur arus lalu lintas agar tetap berjalan.

Baca juga: Kapolda Jatim: Penghuni Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya Tolak Berkomunikasi dengan Siapa Pun

Adapun aksi demonstrasi itu dilakukan mahasiswa Papua dengan tuntutan menolak rasialisme terhadap rakyat Papua. Mereka juga menuntut agar akses internet di Papua kembali dibuka.

"Pemblokiran itu artinya negara tidak mampu menyelesaikan persoalan papua, bukan hanya kali ini tapi dari 1961 sampai 2019. Jadi sengaja selalu menonaktifkan internet, itu negara melanggar hak asasi manusia untuk menyampaikan pendapat dan mendapatkan informasi yang selayaknya. Negara sengaja menutupi permasalahan papua," ujar koordinator aksi Ambrosius di lokasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com