Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahathir Mohammad Akan Hadiri Pelantikan Presiden RI 2019-2024 Besok

Kompas.com - 19/10/2019, 16:26 WIB
Bonfilio Mahendra Wahanaputra Ladjar,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Halim Perdana Kusuma memperketat keamanan guna menyambut kedatangan tamu kenegaraan yang akan menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden pada Minggu (20/10/2019) besok.

Executive General Manager Lanud Halim Perdana Kusuma Kolonel Pnb Nandang Sukarna mengatakan sudah ada dua pemimpin negara yang direncanakan mendarat di Halim.

Mereka adalah Utusan Khusus Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Nahyan Mabarak Al Nahyan dan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad.

"Sampai hari ini setelah kami lakukan koordinasi, kami memperoleh untuk data sementara ada dari utusan khusus presiden Uni Emirat Arab dan juga dari Malaysia," ucap Nandang saat dikonfirmasi, Sabtu (19/10/2019).

Baca juga: Jelang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Bandara Halim Bersiap Sambut Tamu Kenegaraan

Rencananya, perwakilan kedua negara tersebut akan tiba di Halim pada Sabtu malam ini hingga Minggu besok.

"Untuk kedatangan kami sedang koordinasikan dan hari ini kemungkinan data yang kami dapat saat ini kemungkinan nanti malam. Kalau untuk Malaysia kemungkinan besok," kata Nandang.

Untuk itu, keamanan di Bandara Halim mulai diperketat baik dari pihak kepolisian hingga TNI.

Penjagaan oleh aparat dilakukan di dalam gate kedatangan VIP maupun kawasan bandara Halim

"Tentu sebagaimana hubungan baik negara sahabat pengamanan saat ini sudah diperkuat baik di level darat ya menggunakan pasukan pengamanan yang menggunakan seragam dan tidak sudah mulai dilakukan. Juga dengan anjing pelacak juga dan sama-sama lihat di atas juga ada drone untuk monitoring," ucap Nandang.

Seperti diketahui, sebanyak 30.000 personel gabungan TNI dan Polri disiagakan dalam rangka pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 pada 20 Oktober 2019.

Hal itu diungkapkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Pengamanan mulai dilaksanakan hari ini, pasukan insert ke wilayah-wilayah sesuai dengan tanggung jawabnya. Pasukan yang dilibatkan 30.000," ucap Hadi saat gelar pasukan di Lapangan Monas, Kamis (17/10/2019).

Hadi menuturkan bahwa pengamanan juga mencakup Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Halim Perdanakusuma, PLN Gandul, dan tempat logistik Pertamina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com