Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ERP Mau Diterapkan di Margonda, Dishub Depok Mengaku Belum Tahu

Kompas.com - 18/11/2019, 08:57 WIB
Cynthia Lova,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

DEPOK, KOMPAS.com - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan menerapkan jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) di perbatasan Jabodetabek tahun 2020 mendatang. Jalan Raya Margonda di Depok menjadi salah satu titik yang nantinya diterapkan ERP.

Kepala Dinas Perhubungan Depok, Dadang Wihana mengaku belum mengetahui kebijakan BPTJ terkait penerapan ERP di Margonda.

“Itu baru kajian BPTJ, belum ada diseminasi dengan stakeholder Depok,” ujar Dadang saat dikonfirmasi, Minggu (17/11/2019).

Baca juga: Akan Diterapkan Mulai 2020, Apa Itu ERP?

Meski demikian, Dadang mengatakan, sebelum ERP itu diterapkan, pihaknya fokus untuk membenahi transportasi publik dan jalan-jalan pendukung di Depok.

Bahkan kini Dishub Depok tengah membuat road map pembenahan transportasi di Depok.

“Dalam jangka pendek, saat ini kami sedang bahas JR Connection, angkutan yang melayani dari permukinan ke tujuan. Kami juga akan aktifkan kembali jalur-jalur bus yang sudah tidak aktif dari dan menuju Jakarta. Kami sedang membenahi kenyamanan angkot dengan mendorong angkot AC,” tuturnya.

BPTJ sebelumnya memastikan aturan ERP akan diterapkan di sejumlah ruas jalan di wilayah perbatasan dengan Jakarta pada tahun depan. ERP akan diterapkan di Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang.

Baca juga: ERP Bisa Diterapkan 2020, Tapi...

“BPTJ bertanggungjawab di ruas jalan nasional, sedangkan Pemerintah provinsi dan kabupaten di jalan daerah masing- masing. Jalannya untuk yang nasional adalah Margonda, Depok dan Tangerang," kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono pekan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com