Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Damkar Kembangan Berhasil Lepas Cincin yang Tersangkut di Jari Seorang Warga

Kompas.com - 29/11/2019, 21:48 WIB
Bonfilio Mahendra Wahanaputra Ladjar,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga Meruya Utara, Alwi Tanti (26) merasa bahagia setelah cincin yang tersangkut di jari tengah tangan kirinya berhasil dilepaskan oleh petugas pemadam kebakaran sektor Kembangan, Jakarta Barat.

Sebelumnya, Alwi datang ke kantor Damkar Kembangan lataran cincin yang ia kenakan tak bisa dilepaskan dari jarinya.

"Jadi tadi siang sekitar pukul 14.00 WIB, ada warga yang datang ke kantor sektor Kembangan untuk evakuasi cincin dari jarinya," kata Kasie Ops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat, Eko Suroso saat dikonfirmasi, Jumat (29/11/2019).

Lanjut Eko, petugas damkar langsung sigap menangani cincin yang tersangkut.

Baca juga: Panen Tawon, Damkar Jaktim Evakuasi 5 Sarang Hari Ini

Ada tiga petugas yang berusaha memotong cincin di jari Alwi. Mereka menggunakan gerinda kecil, dan cairan agar cincin mudah lepas.

Proses pemotongan cincin berlangsung sekitar 15 menit. Sejurus kemudian cincin tersebut berhasil dilepaskan dari jari Alwi.

Alwi mengucapkan terima kasih kepada petugas Damkar Kembangan yang telah berhasil memotong cincin di jarinya.

"Terima kasih kepada petugas pemadam kebakaran Kembangan yang telah membantu saya membongkar cincinya semoga oemadam kebakaran semakin jaya," ucap Alwi.

Bukan hanya memadamkan api

Eko mengatakan, secara umum petugas Damkar memang bertugas memadamkan api saat terkadi kebakaran, namun belakangan ini tugas Damkar bukan sekedar untuk memadamkan api.

Masyarakat yang bingung saat terjadi permasalahan sering mengontak petugas Damkar, bahkan tidak jarang datang ke kantornya untuk meminta bantuan, seperti yang dialami Alwi.

Tidak sampai disitu petugas damkar juga kerap menerima bantuan ambil barang yang jatuh ke selokan, bantu hingga mengevakuasi hewan tersangkut di pohon.

"Dan petugas itu juga sudah cukup terampil untuk evakuasi itu. Bahkan sering juga dari pihak rumah sakit yang minta bantuan Damkar untuk evakuasi bila ada kejadian seperti ini," ucap Eko.

"Jadi kami intinya siap melakukan kegiatan yang memang bersentuhan langsung dengan masyarakat," tambah Eko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com