Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suplai Air Bersih di Jakarta Utara dan Jakarta Timur Terganggu akibat Banjir

Kompas.com - 01/01/2020, 19:39 WIB
Jimmy Ramadhan Azhari,
Bayu Galih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suplai air bersih di sebagian wilayah Jakarta Utara dan seluruh kawasan Jakarta Timur terganggu akibat banjir yang terjadi pada Rabu (1/1/2020).

Hal tersebut terjadi akibat matinya instalasi pengolahan air (IPA) Buaran di Jalan Raya Kalimalang, Jakarta Timur yang menyuplai air untuk PT Aetra.

Corporate and Customer Communication Aetra, Astriena Veracia mengatakan, IPA Buaran mati akibat terendamnya gardu listrik.

"Hal tersebut menyebabkan pelayanan air bersih kepada pelanggan hanya dapat dilakukan melalui Instalasi Pengolahan Air Pulogadung dengan kapasitas 4.600 liter per detik," kata Asterina dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Baca juga: BNPB: 9 Meninggal akibat Banjir dan Longsor di Jabodetabek

Sejumlah wilayah yang terdampak dari matinya IPA Buaran adalah area RE Martadinata, Enggano, Podomoro, Dewaruci, Sindang, Kalimalang, dan Gudang Air.

"Dengan melihat kondisi genangan air yang mulai menurun dan bila kondisi ini terus berlanjut membaik, maka diperkirakan IPA Buaran akan dapat beroperasi kembali mulai 2 Januari 2020 pada siang hari dengan kapasitas yang  terbatas," ujar Asterina.

Untuk sementara waktu, PT Aetra akan mendustribusikan air melalui jaringan perpipaan dan mobil tangki untuk area yang membutuhkan bantuan dengan jumlah yang terbatas.

Baca juga: Ini Sejumlah Titik Banjir di Tangerang Selatan

Pengiriman mobil tanki bisa dikoordinasikan melalui RT/RW/Kelurahan setempat dan juga pengiriman dilakukan untuk Rumah Sakit, Tempat Ibadah dan lainnya yang bersifat gawat darurat.

"Aetra menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat kondisi ini," tutur Vera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com