Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cisadane Pernah Punya Angkutan Sungai yang Mengagumkan, Berjasa dalam Pembangunan Batavia

Kompas.com - 06/03/2020, 15:50 WIB
Singgih Wiryono,
Jessi Carina

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Sungai Cisadane dulunya memiliki pengaruh besar terhadap pembangunan di Batavia.

Bukan karena orang-orang yang berada di pinggir sungai merupakan pejabat besar Batavia, melainkan karena Cisadane pernah menjadi jalur transportasi logistik pembangunan di ibu kota kolonial Belanda tersebut.

Felix Mulyawan yang merupakan tokoh masyarakat Kali Pasir Kota Tangerang menceritakan bagaimana dulunya Cisadane menjadi jalur transportasi air hingga ke Batavia (saat ini Jakarta).

"Hasil pertanian, bambu semua diangkut untuk pembangunan di Jakarta saat itu Batavia, dulunya diangkut dengan getek atau rakit dibuat sedemikian rupa seperti menyerupai rakit, itu menjadi sarana transportasi," ujar dia saat ditemui Kompas.com di Tangerang, Jumat (6/3/2020).

Baca juga: Wali Kota Tangerang Minta Diberi Wewenang Ikut Kelola Sungai Cisadane

Dahulu transportasi darat tidak sepopuler saat ini, getek yang difungsikan untuk mengangkut bambu ke Batavia juga jarang kembali, lantaran getek itu sendiri digunakan juga untuk pembangunan.

Felix mengatakan, pintu air yang saat ini berada di Taman Hutan Kota yang tidak difungsikan lagi dulunya merupakan pintu gerbang getek yang akan berlayar ke Jakarta.

"Ada pintu air di depan Dinas Kesehatan yang sekarang namanya kali Mookevart, itu ada pintu air khusus lintasan getek," kata dia.

Anak dari salah satu tokoh pemain film "Si Pitung Benteng Betawi," itu mengungkapkan dulunya waterway di Kota Tangerang menjadi andalan pemerintahan Kolonial Belanda untuk mengangkut hasil tani dari Bogor dan sekitarnya.

Baca juga: Kota Tangerang Bakal Buat Waterway, Sampah di Sungai Cisadane Masih Jadi Masalah

Dia juga menceritakan sejarah nama Kali Pasir di pesisir Cisadane yang kini masuk wilayah Pasar Lama dan Pendopo Bupati Kabupaten Tangerang.

Pasir-pasir yang berasal dari wilayah hulu sungai Cisadane ditumpuk di wilayah tersebut kemudian diangkut menggunakan kereta.

"Kalau pasir diangkut dengan kereta, dulunya kereta itu sampai ke Masjid Agung dan Pendopo (Bupati Kabupaten Tangerang)," kata Felix.

Kini bekas lintasan kereta tersebut sudah tertutup bangunan-bangunan baru dan hanya bersisa stasiun Kota Tangerang yang bangunannya juga cukup tua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com