Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KAI Kurangi Perjalanan Kereta Jarak Jauh di DAOP 1 Jakarta

Kompas.com - 25/03/2020, 21:12 WIB
Bonfilio Mahendra Wahanaputra Ladjar,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mulai melakukan pengurangan jadwal perjalanan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Pengurangan ini dalam rangka antisipasi penyebaran Covid-19 atau virus Corona dan sudah dimulai Sejak Senin (23/3/2020) kemarin.

Terdapat 19 keberangkatan kereta api yang mengalami pembatalan perjalanan dengan jadwal keberangkatan kurun waktu 23 Maret-1 April 2020.

Baca juga: PT KAI Batalkan 19 Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh karena Corona, Ini Daftarnya

"Kereta yang mengalami pembatalan operasional tersebut merupakan kereta yang memiliki jarak berdekatan, sehingga calon penumpang memiliki pilihan kereta lain jika memang harus tetap melakukan perjalanan," ucap Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis, Rabu (25/3/2020).

Namun, apabila calon penumpang tidak berkenan dialihkan ke kereta lain, maka bisa membatalkan tiket dengan bea pengembalian 100 persen.

Selain itu, pembatalan tiket dengan pengembalian bea 100 persen juga berlaku bagi calon penumpang kereta yang memiliki jadwal keberangkatan pada masa tanggap darurat Corona.

Masa tanggap sendiri berada dalam periode 23 Maret sampai dengan 29 Mei 2020.

Ia menambahkan, bila dihitung secara total sejak 1 Maret 2020 hingga kini terdapat sekitar 71.000 tiket untuk keberangkatan sampai dengan 90 hari kedepan telah dilakukan proses pembatalan baik melalui loket stasiun dan jalur online.

Eva mengimbau guna mengurangi antrian dan penumpukkan penumpang di loket stasiun, calon penumpang kereta yang ingin membatalkan tiket bisa melalui KAI Access.

"Guna menghindari penumpukan calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan di loket stasiun, terutama di dua stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh, Stasiun Gambir dan Pasar Senen, kami menginformasikan bahwa pembatalan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access," sambung Eva.

Baca juga: Imbas Pembatasan Operasional KRL, Penumpang Numpuk di Kereta dan Bikin Warganet Kesal

Tentu pembatalan di aplikasi KAI Access juga harus sesuai dengan nomor identitas pemesan tiket.

Bahkan, melalui KAI Access juga bisa untuk membatalkan tiket lainnya yang masih memiliki satu kode booking.

"Perlu dipastikan, calon penumpang memiliki aplikasi KAI Access dengan versi paling update, maka dapat membatalkan tiket dengan pengembalian bea 100 persen," kata Eva.

Bila calon penumpang tidak melakukan pembatalan melalui aplikasi KAI Access, mereka dapat langsung datang ke loket pembatalan yang ada di stasiun.

Terdapat delapan stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta yang melayani pembatalan tiket KA jarak jauh.
Berikut jadwal operasional pelayanan loket pembatalan tiket di stasiun yang buka setiap hari (Senin-Minggu):

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com