Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Bekasi Persilakan Warga Jalani Rapid Test Covid-19 di Stadion Patriot

Kompas.com - 06/04/2020, 13:27 WIB
Cynthia Lova,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

BEKASI, KOMPAS.com - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi atau Pepen mengatakan, warganya diperbolehkan untuk melakukan periksaan cepat atau rapid test Covid-19. Warga yang ingin rapid test bisa langsung datang ke Stadion Patriot.

“Datang ke sini saja, kalau perlu 24 jam. Kami masih ada sekitar 5.000 (alat rapid test),” ujar Pepen di Bekasi, Senin (6/4/2020).

Menurut Pepen, alat rapid test juga sudah disebar ke seluruh kecamatan yang ada di wilayah Kota Bekasi. Ada 20 alat rapid test di masing-masing kecamatan.

Baca juga: Jokowi Minta Tes Swab dan Rapid Test Dipercepat

“Di kecamatan kami sudah kasih 20, 20 besok kalau kurang masih kami tambahin lagi gitu, jadi biar warga kalau mau periksa dekat ke sana, tapi hasilnya tetap dibawa ke sini (Stadion Patriot),” kata dia.

Pemkot Bekasi mempunyai 9.400 alat rapid test yang diperoleh dari Pemprov Jawa Barat 2.000, lalu dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ada 2.400 alat rapid test, dan Yayasan Buddha 5.000 rapid test.

“Saya sudah berikan RSUD 750 alat rapid test, ada tujuh RS tipe B 100 alat rapid test masing-masing, terus 31 RS tipe C saya kasih 50 masing-masing, terus saya mau acak puskesmas semua itu 20 di masing-masing kecamatan,” kata dia.

Saat ini ada 480 orang dalam pemantauan (ODP), 241 pasien dalam pengawasan (PDP), dan 56 orang yang terinfeksi atau positir Covid-19 di Kota Bekasi.

Catatan Redaksi

Rapid test merupakan teknik pengetesan keberadaan antibodi terhadap serangan kuman di dalam tubuh. Hasil rapid test tak boleh dan tak bisa digunakan secara mandiri untuk mengonfirmasi keberadaan atau ketiadaan infeksi virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 di dalam tubuh.

Untuk mengonfirmasi keberadaan virus corona secara akurat dalam tubuh seseorang, harus dilakukan tes swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR).

Baca juga: [UPDATE] Covid-19 Depok: 126 dari 2.747 Warga Positif, Versi Rapid Test

Baca selanjutnya di https://www.kompas.com/sains/read/2020/04/03/080300423/setelah-rapid-test-tes-pcr-diperlukan-untuk-pastikan-virus-corona.

Hasil tes dari rapid test adalah reaktif (ada reaksi terhadap keberadaan antibodi) atau non-reaktif (tidak ada reaksi terhadap keberadaan antibodi).

Jika Anda sempat membaca hasil rapid test adalah positif atau negatif, harus dimaknai sebagai positif atau negatif terhadap keberadaan antibodi dalam tubuh, bukan positif atau negatif terhadap keberadaan virus corona penyebab Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com