Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSBB Berakhir 4 Juni, Masjid Istiqlal Belum Pastikan Kapan Dibuka untuk Umum

Kompas.com - 02/06/2020, 11:49 WIB
Tria Sutrisna,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masjid Istiqlal belum memutuskan kapan waktu pembukaan masjid untuk umum menjelang berakhirnya masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Diketahui, PSBB Jakarta berakhir pada 4 Juni 2020.

Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah menjelaskan, waktu pembukaan untuk umum masih dalam pembahasan secara internal dan nantinya akan diputuskan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal.

Baca juga: Jokowi: Rencananya Masjid Istiqlal Akan Dibuka pada Bulan Juli

"Jadi kami terus terang tidak ingin tergesa-gesa membuka masjid, karena harus penuh dengan perhitungan. Tidak mau ada masalah baru yang muncul," ujar Abu ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (2/6/2020).

Terkait dengan kedatangan Presiden Joko Widodo pada hari ini, Abu mengatakan bahwa presiden meninjau proyek renovasi Masjid Istiqlal yang sudah mencapai tahap akhir.

"Jadi beliau itu meninjau proyek renovasi yang sudah memasuki tahap akhir, sudah 90 persen di mana diagendakan insyaallah diawal juli itu sudah diserah terimakan," ungkapnya.

Menurut Abu, saat ini pengurus Masjid Istiqlal belum memastikan kapan waktu pembukaan tersebut.

Sebab pengurus internal masih fokus menyelesaikan proyek renovasi yang diharapkan rampung seluruh pada awal Juli 2020.

"Presiden menyerahkan langsung keputusan ke Imam Besar Istiqlal, nanti akan kami bicarakan. Karena ini masjid negara beberapa instansi diikut sertakan untuk membicarakan hal tersebut," tutur Abu.

"Jadi yang jelas kami satu belum ada instruksi (pembukaan). Kedua memang kami sedang fokus tahap akhir renovasi," lanjutnya.

Diketahui, Jokowi bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan ke Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (2/6/2020) pagi.

Di sela-sela kunjungan, Jokowi mengatakan Masjid Istiqlal rencananya akan kembali dibuka pada Juli mendatang seiring dengan selesainya proyek renovasi.

"Sampai hari ini, tadi sudah disampaikan telah selesai kurang lebih 90 persen dan renovasi besar ini akan diselesaikan, Insya Allah, awal bulan Juli. Memang agak mundur karena adanya pandemi Covid," ucap Jokowi, seperti dikutip melalui siaran langsung di Kompas TV, Selasa (2/6/2020).

Baca juga: Idul Fitri di Tengah Pandemi Covid-19, Masjid Istiqlal Sepi

Kendati demikian, Jokowi menekankan bahwa pembukaan Masjid Istiqlal baru merupakan rencana.

Sebab, pembukaan rumah ibadah dan ruang publik di Jakarta mengacu pada data epidemiologi penularan Covid-19.

"Keputusannya nanti ada di Bapak Imam Besar. Tentu saja mulai saat ini, saya titip, mulai disiapkan protokol kesehatan sehingga nanti pada saat kita melaksanakan shalat di Masjid Istiqlal semuanya aman dari Covid-19," kata Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com