Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 SPG di Mal Yogya Junction Bogor Positif Covid-19, Semua Karyawan Jalani Tes Swab

Kompas.com - 13/07/2020, 14:19 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Seorang sales promotion girl (SPG) di pusat perbelanjaan Yogya Junction Bogor, Jawa Barat, dinyatakan positif Covid-19.

Hal itu diketahui setelah yang bersangkutan menjalani pemeriksaan tes usap (swab) yang dilakukan tim medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor Sri Nowo Retno menyampaikan, sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan rapid test terhadap 154 karyawan oleh pihak manajemen mal tersebut.

Retno mengatakan, dari hasil rapid test itu, satu orang dinyatakan reaktif sehingga harus dilakukan tindakan lanjutan dengan tes usap.

Baca juga: Bima Arya Klaim 150 Bantuan Bus Gratis Cukup Bantu Urai Kepadatan di Stasiun Bogor

"Dari 154 karyawan yang ikut rapid, hasilnya 153 non-reaktif, satu reaktif. Kemudian yang satu orang reaktif ini dilakukan swab, hasilnya positif," kata Retno, Senin (13/7/2020).

Retno menambahkan, atas hasil itu, Dinkes Kota Bogor melakukan tes usap kepada semua karyawan yang bekerja di Yogja Junction, hari ini. Dinkes juga melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang sempat melakukan kontak langsung dengan yang bersangkutan.

"Penelusuran kontak sedang dilakukan oleh tim detektif Covid-19," ujar dia.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, Pemkot Bogor meminta kepada petugas kesehatan untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap kondisi semua karyawan di mal tersebut dengan tes usap.

Bima juga mengimbau kepada pengunjung yang pernah datang ke Yogya Junction Bogor dalam 14 hari terakhir untuk melapor ke petugas kesehatan di wilayahnya masing-masing.

"Jika ada temuan kasus positif di mal, rumah makan, toko, dan lain-lain maka Pemkot Bogor akan lakukan test swab menyeluruh di tempat itu. Menutup tempat tersebut sampai ada kesimpulan dari hasil swab," ujar Bima.

Baca juga: Antisipasi Covid-19 di Pusat Keramaian, Pemkot Bogor Gelar Swab Test Massal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com