Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Relawan Pendukung Muhamad-Sara Berkerumun di Depan Gedung KPU Tangsel

Kompas.com - 04/09/2020, 16:20 WIB
Tria Sutrisna,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Ratusan masa pendukung bakal pasangan calon Muhamad-Sara berkerumun di depan Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Dari pantauan Kompas.com, Jumat (4/9/2020) sekitar pukul 15.00 WIB, masa pendukung mantan Sekda Tangsel dan keponakan Prabowo Subianto itu berada di depan pagar Gedung KPU Tangsel.

Mereka tidak dapat masuk karena aturan pembatasan jumlah orang yang diperkenankan hadir pada hari pendaftaran bakal pasangan calon di Pilkada Tangsel 2020.

Baca juga: KPU Imbau Pendukung Tak Hadir Saat Pendaftaran Bakal Calon Pilkada Tangsel

Hanya bakal pasangan calon dan ketua serta sekretaris partai pengusung yang diperkenankan masuk ke aula pendaftaran.

Sementara perwakilan partai pendukung dan 30 relawan bakal pasangan calon yang diperbolehkan masuk ke halaman gedung KPU Tangsel.

Kabag Operasional Polres Tangsel AKP Yudi Permadi mengatakan, pihaknya sudah memberikan imbauan kepada relawan pendukung yang tidak dapat masuk agar membubarkan diri dari depan Gedung KPU Tangsel.

"Jadi karena tadi banyak masa pendukungnya, kemudian kami berikan imbauan akhirnya mereka mengerti," ujarnya kepada Kompas.com.

Baca juga: Pendaftaran Pilkada Tangsel 2020 Dibuka, KPU Sudah Koordinasi dengan 3 Pasangan

Sekitar pukul 15.30 WIB, kerumunan ratusan relawan yang mengiringi kedatangan Muhamad-Sara sudah mulai bergeser dari depan gedung KPU dan tidak lagi berkerumun di pinggir Jalan Raya Serpong, Tangsel.

"Sudah tidak ada kerumuman di pinggir jalan lagi. Mereka diminta mencari tempat untuk menunggu di sekitar lokasi dengan tetap tidak berkerumun," kata dia.

Untuk diketahui, Muhamad-Sara mendatangi gedung KPU Tangsel untuk mendaftarkan diri di Pilkada 2020.

Baca juga: Gagal Usung Kader Sendiri, PSI Akhirnya Dukung Muhamad-Sara di Pilkada Tangsel

Mereka menjadi bakal pasangan calon pertama yang mendaftarkan diri sebagai calon wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada Tangsel yang digelar Desember mendatang.

Sementara dua pasangan lain, yakni Azizah Ma'ruf-Ruhamaben dan Benyamin Davnie-Pilar Saga berencana mendaftar pada Sabtu (5/9/2020) besok.

Sebagai informasi, Pilkada Tangsel 2020 semula akan digelar pada September 2020. Masa penetapan nama calon sebelumnya akan dilakukan pada 8 Juli 2020.

Namun, Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2020 mengatur penundaan pemungutan suara Pilkada 2020 dari September menjadi Desember 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com