Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lahan di Tanah Abang Disulap Jadi Penampungan Air, Pengerjaan Dimulai Pekan Depan

Kompas.com - 06/11/2020, 12:06 WIB
Ihsanuddin,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah lahan kosong di Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, akan disulap menjadi kolam olakan atau retensi untuk penampungan air.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Jakarta Pusat, Bakwan Ferizan Ginting menyebutkan, pengerjaan pembangunan kolam olakan itu akan dimulai pekan depan.

"Minggu depan sudah mulai pengerjaan," kata Bakwan kepada Kompas.com, Jumat (6/11/2020).

Ada dua lahan milik Pemprov DKI yang akan disulap menjadi kolam olakan. Lahan pertama terletak di RW 09 Karet Tengsin, seluas 6.614 meter persegi. Lahan kedua ada di RW 03 Petamburan dengan luas 1.000 meter persegi.

Baca juga: Untuk Cegah Banjir, Lahan di Tanah Abang Dijadikan Penampungan Air

"Saat hujan turun nanti airnya ditampung di lahan itu. Kalau sungai sudah surut, air di kolam itu lalu disedot keluar menuju ke kali Ciliwung dan Banjir Kanal Barat," kata dia.

Bakwan menyebutkan, saat ini Suku Dinas Sumber Daya Air sedang membuat gambar perencanaan. Jika tak ada hambatan, kolam olakan itu ditargetkan sudah siap digunakan pada Desember mendatang.

Camat Tanah Abang, Yassin Pasaribu menyebutkan, lokasi di mana kolam olakan itu akan dibangun memang menjadi langganan banjir tiap tahun.

"Karena wilayah itu memang titik terendah. Selama ini air enggak bisa mengalir ke sungai, karena sungai naik, akhirnya jadi kolam," ujar Yassin.

Ia berharap pembangunan kolam olakan bisa menjadi solusi untuk mencegah banjir di wilayah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com