Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2020, 09:50 WIB
Singgih Wiryono,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19 di masa libur Natal dan Tahun Baru, Pemprov DKI Jakarta menyarankan warga Jakarta untuk membuat hiburan alternatif di dalam rumah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DPPAPP) DKI Jakarta Tuty Kusumawati mengatakan, kegiatan berlibur di rumah bisa diisi dengan beragam kegiatan.

Salah satunya dengan memasak bersama keluarga atau mengikuti tur virtual atau festival budaya virtual.

Baca juga: Berencana Liburan? Ingat Lagi 4 Tingkat Risiko Covid-19 Berikut

"Perlu adanya hiburan pengganti berupa tontonan yang menarik bagi keluarga," ucap Tuty dalam keterangan tertulis, Senin (21/12/2020).

Tuty juga mengajak pihak yang dapat menghadirkan festival rakyat atau tur virtual yang dapat dinikmati seluruh anggota keluarga untuk warga Jakarta.

Di dalamnya, kata Tuty, bisa diselipkan pesan agar selalu menjaga protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

"Kita bisa selipkan pesan-pesan untuk menjaga protokol kesehatan, sehingga hiburannya dapat pesannya juga dapat," kata Tuty.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi hingga 3 Januari 2021.

Baca juga: PSBB Transisi DKI Jakarta Kembali Diperpanjang hingga 3 Januari 2021

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, kebijakan memperpanjang PSBB dilakukan untuk mengendalikan mobilitas penduduk pada periode libur Natal dan Tahun Baru yang memiliki potensi lonjakan kasus.

"Mobilitas penduduk ini akan kami pantau dan dikendalikan agar tak terjadi penularan, baik orang dari luar ke Jakarta maupun sebaliknya," ujar Anies.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com