Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Tanah Abang: Terkena Malapetaka Berkali-kali, tapi Tetap Berdiri Tegak

Kompas.com - 03/05/2021, 14:47 WIB
Ivany Atina Arbi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejarah Pasar Tanah Abang adalah sejarah bangkit berkali-kali dari hantaman bala. Meski kerusuhan dan kebakaran menimpa silih berganti, pasar ini tetap mampu bertahan.

Awal mula Pasar Tanah Abang

Catatan Historia.id, pasar ini dibangun pada tahun 1730-an atas permintaan pejabat kaya VOC, Justinus Vinck.

Ia meminta didirikannya dua pasar di atas lahan miliknya. Satu di daerah Weltevreden (sekarang Pasar Senen) dan lainnya di Tanah Abang.

Permintaan ini berdasarkan perkembangan yang terjadi di wilayah selatan Batavia, di mana permukiman baru bertumbuh seiring dibukanya beragam perkebunan.

Ada kebun kacang, kebun jahe, kebun pala, kebun sirih, dan kebun melati di sekitar Tanah Abang. Namun, belum ada pasar di wilayah ini.

Baca juga: Mulai Hari Ini KRL Tak Berhenti di Stasiun Tanah Abang, Catat Rekayasa Jalurnya

Pada 30 Agustus 1732 terbitlah surat izin pendirian pasar dari Gubernur Jenderal Abraham Patras yang menyebutkan hari buka pasar milik Vinck.

“Pasar diselenggarakan hari Senin untuk Pasar Weltevreden, hari Sabtu untuk pasar yang akan dibangun di Bukit Tanah Abang,” tulis Abraham Patras dalam suratnya kepada Vinck, dikutip PD Pasar Jaya dalam Pasar Tanah Abang 250 Tahun.

Pasar Senen ditujukan untuk perdagangan sayur mayur dan keperluan sehari-hari, sedangkan Tanah Abang kebagian jenis tekstil, kelontong, dan sedikit sayuran.

Huru-hara 

Lima tahun setelah beroperasi, pasar milik Vinck menghadapi bala.

Pasar Tanah Abang diserang Gubernur Jenderal Gustaaf Willem Baron von Imhoff karena ada perilaku agresif dari orang-orang Tionghoa yang menjadi pedagang di Tanah Abang.

"Dengan mudah W. von Imhoff membubarkan gerombolan Tionghoa yang bikin gaduh di Tanah Abang,” catat Adolf Heuken dalam Tempat-Tempat Bersejarah di Jakarta.

Baca juga: Jam Operasional KRL Dibatasi, Warga Siasati Waktu Belanja di Tanah Abang agar Tetap Bisa Naik Kereta

Adolf menambahkan orang-orang Tionghoa lari kocar-kacir menyelamatkan diri. Tembakan meriam merusak sejumlah bangunan Pasar Tanah Abang, yang juga dikenal dengan nama Tenabang.

“Baru lima tahun berdiri Pasar Tenabang terkena bencana, porak-poranda, dan terbakar ludes,” tulis Abdul Chaer dalam Tenabang Tempo Doeloe.

Huru-hara ini melumpuhkan Pasar Tanah Abang hingga 20 tahun.

Setelah hubungan VOC dengan orang-orang Tionghoa membaik, pasar ini kembali beroperasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com