Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keuntungan Turun, PT Delta Djakarta Tetap Berikan Dividen hingga Rp 52 Miliar ke Pemprov DKI

Kompas.com - 25/08/2021, 10:18 WIB
Jessi Carina

Editor

Sumber Antara

JAKARTA, KOMPAS.com - Keuntungan perusahaan bir PT Delta Djakarta turun hingga hampir 61 persen atau sebesar Rp 123,5 miliar dibanding tahun 2019 senilai Rp 317 miliar, tetapi masih memberi dividen kepada pemegang saham, termasuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Perusahaan masih mampu memberi pembagian keuntungan perusahaan (dividen) kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sekitar Rp 52,5 miliar yang akan dibayarkan pada 24 September 2021.

"Sekalipun mengalami penurunan cukup tajam, untuk tahun buku 2020 PT Delta Jakarta masih mendapat keuntungan Rp 123,5 miliar," kata mantan Komisaris Utama PT Delta Djakarta Sarman Simanjorang dalam konferensi pers pengunduran diri dari jabatannya di Jakarta, Selasa (25/8/2021).

Baca juga: Sarman Simanjorang Mundur dari Jabatan Komisaris Utama PT Delta Djakarta

Hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahun 2021 ini, kata dia, DKI Jakarta akan mendapat dividen sebesar Rp52,5 miliar.

Sarman menjelaskan, pada tahun buku 2020, penjualan yang dilakukan perusahaan mengalami penurunan sampai 33,9 persen akibat anjloknya kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri. Selain itu, akibat banyaknya restoran, kafe, dan hiburan malam yang ditutup.

Akan tetapi, dengan berbagai inovasi dan strategi penjualan yang dilakukan, kinerja PT Delta Djakarta tetap tumbuh positif sekalipun mengalami penurunan keuntungan yang cukup tajam.

"Bisa dibayangkan dalam kondisi ekonomi kita masih dalam posisi resesi, PT Delta Djakarta masih mampu menyetor dividen sebesar itu (Rp 52,5 miliar) ke kas Pemprov DKI Jakarta," ujarnya.

Baca juga: Pengadaan Tanah Makam di Srengseng Sawah: Pemprov DKI Klaim Hemat Rp 2,5 M, Temuan BPK Boros Rp 3,3 M

Hal itu, tambah pria yang sekarang ditunjuk sebagai komisaris BUMN PT Pertamina Geothermal Energy ini, membuktikan bahwa perusahaan minuman beralkohol ini sangat sehat dalam kinerjanya dan memiliki prospek yang sangat bagus ke depan.

Komposisi pemegang saham PT Delta Djakarta Tbk adalah San Miguel sebesar 58,33 persen atau setara 467 juta lembar saham, Pemprov DKI Jakarta sebesar 26,25 persen atau setara 210 juta lembar saham, dan sisanya adalah publik sebesar 15,42 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com