Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momen Polisi Gunakan Senjata Api dan Tewaskan Warga Sipil, Tol Bintaro dan Kafe di Cengkareng Jadi Saksi

Kompas.com - 01/12/2021, 11:32 WIB
Ivany Atina Arbi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi anggota polisi menggunakan senjata api untuk menembak, melukai, hingga menewaskan warga sipil kembali terjadi.

Terbaru, aksi penembakan terjadi di Tol Lingkar Luar Jakarta (Jakarta Outer Ring Road/JORR) kawasan Bintaro, Jakarta Selatan, Jumat (26/11/2021).

Penembakan oleh polisi lalu lintas

Penembakan dilakukan oleh polisi lalu lintas Ipda OS yang bertugas di satuan unit patroli jalan raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya.

Ipda OS menembak dua orang berinisial PP dan MA. PP meninggal dunia sehari setelah peristiwa penembakan.

Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, penembakan berawal dari laporan warga yang mengaku dibuntuti orang tak dikenal di jalan tol.

Baca juga: Duduk Perkara Kasus Penembakan di Exit Tol Bintaro, Pelakunya Polantas yang Dapat Laporan Warga Dibuntuti

Warga berinisial O itu merasa diikuti oleh mobil korban sejak berangkat dari salah satu hotel di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan saksi (Ipda OS), saat ini peristiwa dilatarbelakangi laporan warga yang merasa dirinya terancam," ujar Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat, Selasa (30/11/2021).

Ipda OS kemudian mengarahkan O untuk masuk ke wilayah hukum Polda Metro Jaya. Warga pelapor itu diminta menepi di depan kantor PJR Jaya IV di Pesanggrahan, Jakarta Selatan, tempat Ipda OS bertugas.

Sempat terjadi keributan antara Ipda OS dengan PP dan MA yang berujung pada penembakan. Ipda OS mengaku dirinya hendak ditabrak oleh korban.

Baca juga: Polda Metro Jaya Belum Tetapkan Anggotanya Jadi Tersangka Penembakan di Exit Tol Bintaro, Apa Alasannya?

Tubagus tidak menjelaskan rinci pemicu keributan antara pelaku dan korban di lokasi kejadian. Dia hanya mengatakan bahwa dua tembakan itu mengenai kedua korban.

"Akibat dari penembakan tersebut, kedua korban saat itu alami luka tembak dan dibawa ke RS Pelni. Kemudian dipindahkan ke RS Kramat Jati," kata Tubagus.

"Selang satu hari kemudian, satu korban PP meninggal dunia," sambungnya.

Saat ini Ipda OS sudah ditangkap dan diperiksa secara intensif oleh penyidik bersama Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Metro Jaya dan Mabes Polri untuk mengusut dugaan pelanggaran kode etik.

"Kami tak bisa sumir, tapi harus betul-betul menemukan fakta hukum di sana. Apakah ada pelanggaran disiplin dan kode etik," ujar Kabid Propam Polda Metro Jaya Kombes Bhirawa Braja.

Baca juga: Penembakan di Exit Tol Bintaro, Warga Sempat Dengar 2 Suara Letusan

Bripka tembak TNI dan pegawai kafe di Cengkareng

Pada akhir Februari lalu, insiden penembakan juga terjadi di sebuah kafe di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com