Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wagub Imbau Warga Manfaatkan Insentif Pajak Daerah di Gerai Samsat Mal

Kompas.com - 18/12/2021, 18:23 WIB
Deti Mega Purnamasari,
Krisiandi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengimbau masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas insentif pajak daerah akhir tahun 2021.

Hal tersebut juga bisa dilakukan di gerai Samsat yang ada di mal atau pusat perbelanjaan di Jakarta.

"Saya mengimbau agar warga Jakarta dapat memanfaatkan fasilitas insentif pajak daerah akhir tahun 2021 ini sebelum habis waktunya," kata Riza saat meresmikan sarana pelayanan publik terpadu atau gerai Samsat di Pusat Grosir Cililitan (PGC), Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (18/12/2021).

Baca juga: Wagub DKI Pastikan Stok Kebutuhan Pangan Saat Nataru Terjaga dengan Baik

Dalam acara itu sekaligus dilakukan penandatanganan kerja sama terbaru pelayanan Sarana Pelayanan Publik Terpadu/Gerai Samsat yang sudah berjalan dengan 8 pengelola mal lainnya. 

Riza mengatakan, warga Jakarta yang membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di gerai Samsat dapat memanfaatkan insentif pajak daerah akhir tahun 202 sesuai kebijakan Peraturan Gubernur Nomor 104 Tahun 2021 untuk melunasi kewajiban perpajakannya. 

Beberapa kebijakan insentif untuk PKB, antara lain bagi wajib pajak yang membayar pokok PKB untuk tahun pajak sebelum 2021 pada periode 14-31 Desember 2021 akan mendapatkan keringanan pokok sebesar 5 persen.

Kemudian, pokok PKB tahun 2021 diberikan keringanan sebesar 5 persen bagi wajib pajak yang membayar pada periode 14-31 Desember 2021.

"Termasuk dihapuskannya sanksi administrasi terlambat bayar untuk tahun 2021 dan sebelum tahun 2021," kata dia.

Riza mengatakan, saat ini sudah terdapat 11 gerai PTSP dan gerai Samsat di mal atau pusat perbelanjaan di Jakarta.

Warga Jakarta, kata dia, bisa membayar PKB tahunannya di 11 mall atau pusat perbelanjaan tersebut.

Baca juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan Online Tanpa Harus ke Samsat

Antara lain di PGC, Mall Metro Kebayoran, AEON Mall Jakarta Garden City, Grand Cakung, Tamini Square, Blok M Square, Gandaria City, Mall Taman Palem, Lippo Mall Puri, Pluit Village, dan Pasar Pagi Mangga Dua. 

"Diharapkan, dengan bertambahnya alternatif tempat pembayaran PKB ini, masyarakat merasa nyaman dan mudah membayar kewajiban PKB tahunannya, karena lokasinya strategis dan dekat kegiatan ekonomi masyarakat," kata Riza.

Adapun jam operasional sarana pelayanan publik terpadu atau gerai SAMSAT di mall pusat perbelanjaan tersebut melayani masyarakat pada hari Senin–Jumat pada pukul 10.00-14.00 WIB.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com