Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Penumpukan PPLN, Lokasi Tes PCR di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Ditambah

Kompas.com - 28/03/2022, 22:12 WIB
Muhammad Naufal,
Kristian Erdianto

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Pihak Bandara Soekarno-Hatta menambah lokasi tes PCR di Terminal 3 untuk mencegah penumpukan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Penumpukan sempat terjadi pada Minggu (27/3/2022).

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan, lokasi tes PCR akan ditambah di area kedatangan internasional Terminal 3.

"Stakeholder antara lain AP (Angkasa Pura) II dan Satgas Udara Penanganan Covid-19 telah berkoordinasi (soal penambahan titik tes PCR)," ujar Agus, dalam keterangannya, Senin (28/3/2022).

Baca juga: Satgas Siapkan Langkah Cegah Penumpukan PPLN di Bandara Soekarno-Hatta

"Bahwa mulai 28 Maret (2022), terdapat dua lokasi atau titik tes RT-PCR bagi PPLN yang baru mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, yaitu di dalam area kedatangan internasional Terminal 3 dan di selasar Terminal 3," sambung dia.

Kendati demikian, Agus tidak mengungkapkan jumlah lokasi tes PCR sebelum penambahan. Dia hanya mengatakan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyiapkan area tes PCR tersebut.

Selain itu, Agus berharap penambahan lokasi tes PCR mampu melancarkan proses kedatangan PPLN. "Dengan penambahan lokasi RT-PCR, maka kami berharap proses kedatangan internasional dapat berjalan lebih lancar di tengah tren peningkatan kedatangan PPLN," tutur dia.

Sebelumnya, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala BNPB Suharyanto mengakui adanya penumpukan PPLN di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu kemarin.

Menurut dia, penumpukan itu disebabkan oleh PPLN yang tiba secara bersamaan.

Baca juga: Ada Penumpukan PPLN di Bandara Soekarno-Hatta, Ini Kata Kepala Satgas Covid-19

"Potensi terjadinya penumpukan masih ada bila terjadi kedatangan saat bersamaan," kata Suharyanto kepada Kompas.com, Senin.

Dia juga mengakui jumlah perjalanan internasional di Bandara Soekarno-Hatta meningkat usai peraturan soal karantina kesehatan dihapuskan.

Sebagaimana diketahui, PPLN yang sudah divaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster tak lagi diwajibkan mengikuti karantina kesehatan sejak pekan lalu.

"Dengan semakin terkendalinya kasus Covid dan kebijakan baru tanpa karantina bagi PPLN yang sudah vaksin lengkap atau booster meningkatkan jumlah perjalanan internasional," sebut Suharyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com