Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Arus Balik, 150.000 Penumpang Diprediksi Padati Bandara Soekarno-Hatta Minggu Besok

Kompas.com - 07/05/2022, 12:07 WIB
Annisa Ramadani Siregar,
Nursita Sari

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Puncak arus balik Lebaran di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, diprediksi terjadi mulai hari ini, Sabtu (7/5/2022).

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin memperkirakan, akan ada lebih dari 130.000 pergerakan penumpang per hari, yakni penumpang yang tiba maupun berangkat dari bandara tersebut.

Oleh karena itu, ribuan petugas gabungan yang bertugas di Bandara Soekarno-Hatta mengikuti Apel Siaga Arus Balik Angkutan Lebaran 2022 pada Sabtu pagi.

Baca juga: Cerita Pemudik Pulang Naik Pesawat: Hindari Macet, Mobil yang Digunakan Mudik Dikirim Pakai Kapal

Awaluddin mengatakan, puncak arus balik diperkirakan akan berlangsung selama tiga hari, mulai hari ini hingga Senin, 9 Mei 2022.

"Namun, pergerakan penumpang dan pesawat sudah mulai terasa arus balik sejak hari Jumat atau kemarin. Tercatat ada 1.002 pergerakan pesawat dengan pergerakan penumpang di atas 135.000 orang," ujar Awaluddin kepada wartawan, Sabtu.

Sementara itu, pada hari pertama puncak arus balik atau hari ini, diprediksi akan ada 1.000 lebih pergerakan pesawat dengan 137.000 lebih pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: Tiket Pesawat Langsung Mahal, Pemudik dari Surabaya Pilih Balik ke Bandung Lewat Soekarno-Hatta

Pada hari kedua puncak arus balik atau Minggu (8/5/2022), pergerakan penumpang dan pesawat diperkirakan akan kembali meningkat dibandingkan hari ini.

Menurut Awaluddin, diperkirakan akan ada 150.000-an pergerakan penumpang pada Minggu besok.

"Maka itu, demi membuat nyaman para penumpang, kami stakeholders seperti Airnav, Airlines, Otoritas Bandara, rekan-rekan Bea Cukai, Imigrasi, karantina, groundhandling, juga TNI/Polri terus berkoordinasi dengan baik hingga masa angleb (angkutan Lebaran) berakhir di 10 Mei 2022," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com