Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengelola Terminal Pulogebang: Semua Peserta Mudik Gratis Pemprov DKI Sudah Tiba di Ibu Kota

Kompas.com - 09/05/2022, 13:39 WIB
Nirmala Maulana Achmad,
Nursita Sari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengelola Terminal Terpadu Pulogebang menyebutkan, semua peserta mudik gratis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah tiba di Ibu Kota.

Koordinator Satuan Pelaksana (Korsatpel) Operasional dan Kemitraan Terminal Terpadu Pulogebang Hendra Kurniawan mengatakan, peserta mudik gratis tiba pada Sabtu (7/5/2022) hingga Minggu (8/5/2022) malam.

"Sudah sampai semua di sini bus-busnya. Iya (sudah sampai semua)," kata Hendra di Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, Senin (9/5/2022).

Baca juga: Balai Kota Dibanjiri Karangan Bunga Ucapan Ultah Anies, Salah Satunya dari Mantan Anggota PSI

Kedatangan peserta mudik gratis di Terminal Terpadu Pulogebang diikuti dengan melonjaknya jumlah penumpang yang tiba di terminal tersebut pada 7 dan 8 Mei 2022.

Berdasarkan data yang terhimpun, ada 3.649 penumpang yang datang di Terminal Terpadu Pulogebang pada 7 Mei 2022, dari sebelumnya 1.720 penumpang. Kemudian, pada 8 Mei 2022, ada 7.790 penumpang yang tiba.

Hendra mengatakan, berakhirnya kedatangan peserta mudik gratis diikuti dengan selesainya layanan gratis bus transjakarta untuk kedatangan para pemudik di Terminal Terpadu Pulogebang.

"Itu (layanan gratis bus transjakarta) sudah berakhir pada tanggal 9 Mei (2022) pukul 06.00 WIB tadi pagi," ujar Hendra.

Baca juga: Liburan Sekolah di Jabodetabek Diperpanjang 3 Hari, Siswa Mulai Masuk 12 Mei

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, ada sekitar 11.000 peserta mudik gratis yang diberangkatkan menggunakan 292 bus. Mereka berangkat dari Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, Selasa (27/4/2022).

"Tujuan keberangkatan mudik dan balik gratis, angkutan bus penumpang dari Terminal Pulogebang ke 17 kota di lima provinsi," kata Syafrin.

Selain menyediakan bus untuk penumpang, Pemprov DKI juga menyediakan truk pengangkut sepeda motor.

Dengan demikian, masyarakat yang mudik tetap bisa membawa motornya ke kampung halaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com