Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamat Sebut Manggarai Belum Siap Jadi Stasiun Sentral

Kompas.com - 31/05/2022, 11:39 WIB
Rakhmat Nur Hakim

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat transportasi Deddy Herlambang menilai Stasiun Manggarai belum siap untuk menjadi stasiun sentral. Pasalnya, Stasiun Manggarai masih memerlukan sejumlah infrastruktur tambahan untuk menjadi stasiun sentral.

"Saya percaya untuk internal stasiun, pola operasi Stasiun Sentral Manggarai sudah siap. Namun sayangnya akses stasiun yang sempit akan menjadikan kemacetan. Hal ini mungkin menjadi tidak menarik minat pengguna kereta api antarkota," ucap Deddy saat dihubungi, Selasa (3/5/2022).

Baca juga: Hari Keempat Perubahan Rute KRL, Stasiun Manggarai Ramai tapi Penumpukan Penumpang Berkurang

Ia menambahkan, penumpang kereta api (KA) antarkota tak semuanya bisa menaiki kereta rel listrik (KRL) untuk berangkat dari Stasiun Manggarai menuju stasiun di kota tujuan. Sebab, beberapa dari mereka biasanya membawa barang bawaan yang cukup banyak.

Selain itu, area parkir di Stasiun Manggarai dinilai belum cukup menampung banyak kendaraan pengantar penumpang KA antarkota, sebagaimana yang sudah tersedia di Stasiun Gambir.

"Area parkir kendaraan di Manggarai juga tidak ada sehingga sulit untuk dikatakan seperti stasiun sentral. Bila memang lahan Manggarai terbatas, baiknya bangun area parkir di lantai basement sehingga layak jadi stasiun sentral," kata Deddy.

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan dan Ditjen Perkeretaapian akan melakukan pembangunan Stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral sehingga akan diterapkan switch over (SO) ke-5 atau perubahan rute operasi pelayanan.

Akibatnya, terjadi perubahan rute seiring rencana pelaksanaan switch over (SO) ke-5 di Stasiun Manggarai untuk menjadikan stasiun tersebut sebagai stasiun sentral.

Baca juga: [POPULER JABODETABEK] Warga Kebagusan Didenda karena Bakar Sampah | Keluhan Penumpang KRL soal Perubahan Rute

Perubahan rute terjadi pada lintas Bogor/Depok dan Cikarang/Bekasi. Adapun untuk lintas Rangkasbitung, lintas Tangerang, dan KA Bandara Soekarno-Hatta tidak ada perubahan rute.

Vice President (VP) Corporate Communication Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, dalam pelaksanaan SO ke-5 tersebut, perjalanan KRL lintas Bogor hanya melayani relasi Bogor, Depok, dan Nambo menuju Jakarta Kota melalui Stasiun Manggarai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com