Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Kota Bekasi Gelar Shalat Gaib untuk Eril, Putra Ridwan Kamil

Kompas.com - 03/06/2022, 14:51 WIB
Joy Andre,
Kristian Erdianto

Tim Redaksi

 

BEKASI, KOMPAS.com - Warga Kota Bekasi menggelar shalat gaib untuk mendoakan Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Eril dilaporkan hilang terseret arus Sungai Aare, Bern, Swiss, pada Kamis (26/5/2022).

Shalat gaib dilaksanakan di Masjid Jami Nurul Iman, Kayuringin, Bekasi Selatan, setelah shalat Jumat.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto berharap upaya yang dilakukan masyarakat dapat meringankan beban keluarga Ridwan Kamil.

"Ini adalah bagian empati yang diberikan oleh warga Kota Bekasi kepada pemimpinnya yang sedang berduka. Mudah-mudahan ini meringankan beban, baik almarhum maupun keluarga yang ditinggalkan," ujar Tri, usai melaksanakan shalat gaib, Jumat (3/6/2022).

Baca juga: Wagub DKI Sampaikan Dukacita, Ajak Masyarakat Gelar Shalat Gaib untuk Eril

Tri mengatakan, masyarakat Bekasi akan terus mengirimkan doa-doa untuk keluarga Ridwan Kamil.

"Dan memberikan kekuatan, moral, dan dukungan kepada Bapak Gubernur untuk terus dapat dijaga kesabaran dan keikhlasannya," kata dia.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerukan seluruh masjid di ibu kota menggelar shalat gaib, pada Jumat (3/6/2022) siang. Anies mengajak masyarakat untuk mendoakan Eril.

"Kami menyerukan kepada seluruh masjid di Jakarta agar mendirikan shalat ghaib pascashalat Jumat untuk ananda Emmeril Kahn Mumtadz, putra dari Ibu Atalia dan Bapak Ridwan Kamil," ujar Anies, dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, Jumat.

Menurut Anies, seruan itu sejalan dengan anjuran dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan keputusan pihak keluarga besar Ridwan Kamil.

"Kepada seluruh kaum muslimin di Jakarta, kami mengajak, mari kita dirikan shalat ghaib siang ini dan mendoakan ananda Eril, sesuai tuntunan agama kita," kata Anies.

Baca juga: Anies Serukan Masjid Gelar Shalat Gaib untuk Eril, Putra Ridwan Kamil

 

Dalam unggahan itu, Anies juga memasang foto Eril dan menyampaikan ungkapan bela sungkawa atas peristiwa yang menimpa keluarga Ridwan Kamil.

Dia juga mendoakan agar Ridwan Kamil beserta keluarga diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi musibah tersebut.

"Tak ada ujian yang lebih berat daripada orangtua yang harus kehilangan anaknya," tulis Anies. "Maka tak lupa mari kita doakan keluarga Kang Emil agar Allah beri ketabahan dan kekuatan dalam menghadapi musibah ini," pungkasnya.

Diberitakan, keluarga Ridwan Kamil meyakini Eril meninggal dunia karena tenggelam. Hal ini disampaikan oleh kakak Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, saat konferensi pers, Jumat (3/6/2022).

"Oleh karena itu, Kang Emil dan Teh Lia sudah menyampaikan, mereka ikhlas dan meyakini bahwa Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) sudah wafat, berpulang ke rahmatullah karena tenggelam," ujar Erwin saat konferensi pers.

Keyakinan ini berdasarkan evaluasi seluruh proses yang telah dilakukan, termasuk upaya otoritas setempat dalam melakukan pencarian secara spesifik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com