Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Tangsel Ancam Potong Kabel Menjuntai yang Mengganggu Jalan

Kompas.com - 02/08/2022, 12:10 WIB
Annisa Ramadani Siregar,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie mengaku tidak akan segan memotong kabel menjuntai yang dinilai mengganggu jalan di wilayahnya.

Terlebih, saat ini Tangerang Selatan sedang berfokus menjadi kota percontohan layanan 5G.

"Sekarang justru saya lagi punya program fiber optik. Beberapa kabel yang (mengganggu) itu sudah langsung kita potong saja," ujar Benyamin di Saepisan Resto BSD, Serpong, Tangsel, Selasa (2/8/2022).

Baca juga: Aksi Protes, Warga Ciputat Timur Jemur Baju dan Celana Dalam di Kabel Menjuntai

Namun, pemotongan tidak dilakukan serta-merta begitu saja. Pemkot Tangsel akan memberikan peringatan terlebih dahulu kepada pihak pemilik untuk merapikannya.

Namun, jika imbauan itu tidak diindahkan, barulah sanksi pemotongan kabel akan dilakukan.

"Dan itu bukan kabel listrik saja, kabel fiber optik juga. Kami sekarang lagi punya (program) kabel fiber optik, kami tanam di bawah (tanah)," jelas Benyamin.

Sebelumnya, Pemkot Tangsel melalui dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Kontruksi (SDABMBK) bersama APJATEL sepakat merelokasi kabel Fiber Optik (FO) udara di sepanjang Jalan Ceger Raya sepanjang 7 Km secara bertahap.

Relokasi dilakukan sejak Kamis (14/7/2022), mulai dari Pondok Betung hingga Jalan Pondok Aren pertigaan Gopli.

Baca juga: Kabel yang Menjuntai hingga Jadi Jemuran Warga Sudah Dibenahi

Proses relokasi dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama APJATEL untuk mencabut tiang-tiang provider yang saat ini berada di atas lahan pedestrian.

Selain itu, juga dilakukan pemutusan kabel-kabel yang semrawut serta mengganggu guna mempercepat relokasi kabel udara ke bawah tanah.

Pemotongan kabel fiber optik nantinya dilakukan secara bertahap. Adapun lokasi pertama yang dilakukan relokasi kabel FO di Tangsel yaitu di Jalan Raya Ceger.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com