Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[BERITA FOTO] Wajah Baru Kota Tua Jakarta yang Hampir Rampung

Kompas.com - 22/08/2022, 20:01 WIB
Mita Amalia Hapsari,
Nursita Sari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta hampir siap mewujudkan wajah barunya usai bersolek sejak beberapa bulan lalu.

Tak hanya lebih rapi, wajah baru Kawasan Kota Tua kini didominasi jalur pejalan kaki lengkap dengan guiding block dan jalur pesepeda.

Berdasarkan pantauan Kompas.com pada Senin (22/8/2022), jalur pedestrian di Jalan Lada sudah bisa dilintasi pejalan kaki dari Plaza Kota Tua menuju pintu utara Stasiun Jakarta Kota.

Trotoar pejalan kaki yang tadinya hanya 2 meter lebarnya, kini menjadi sepenuh jalan. Sebab, Jalan Lada dan Jalan Kemukus kini telah diubah sepenuhnya menjadi jalur pedestrian.

Beberapa pengunjung pun tampak santai melintasi jalur pedestrian itu sembari sesekali bermain di kolam air mancur di tengahnya.

Revitalisasi Kawasan Wisata Kota Tua hampir rampung, akses masuk di Jalan Lada dibuka, Senin (22/08/2022).Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Revitalisasi Kawasan Wisata Kota Tua hampir rampung, akses masuk di Jalan Lada dibuka, Senin (22/08/2022).
Revitalisasi juga hampir rampung di sisi barat Stasiun Jakarta Kota yang sebelumnya merupakan terowongan penyeberangan orang bawah tanah dan halte transjakarta.

Area pedestrian itu kini telah rata dengan tanah. Area air mancur bawah tanah pun tidak lagi terlihat dari permukaan.

Pintu masuk penyeberangan bawah tanah yang terletak di depan Museum Mandiri belum dioperasikan lagi.

Area pedestrian itu kini telah penuh dilapisi ubin batu berwarna hitam seperti area pedestrian lainnya. Sebuah air mancur berkeramik hitam terlihat menjadi daya tarik utama area itu.

Pesepeda melintasi Jalan Stasiun Kota yang berada tepat di area pedestrian baru di seberang Museum Mandiri, Senin (22/8/2022). Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Pesepeda melintasi Jalan Stasiun Kota yang berada tepat di area pedestrian baru di seberang Museum Mandiri, Senin (22/8/2022).
Sementara itu, trotoar di sekitar Jalan Pintu Besar Utara masih belum rampung.

Jalan yang rencananya diperuntukan untuk transportasi umum itu pun masih dilintasi kendaraan pribadi.

Selain sejumlah trotoar di sekitar kawasan Kota Tua, area plaza tidak mengalami perubahan.

Pengunjung masih dengan santai bisa berpiknik dan berekreasi di Plaza Museun Fatahilah meski museum-museum tidak beroperasi pada Senin.

Sebuah tugu jam berdiri tegak di antara pekerjaan revitalisasi di seberang Museum Mandiri, Kota Tua Jakarta, Senin (22/8/2022).Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Sebuah tugu jam berdiri tegak di antara pekerjaan revitalisasi di seberang Museum Mandiri, Kota Tua Jakarta, Senin (22/8/2022).
Wajah baru Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta rencananya akan diresmikan pada akhir pekan ini.

Pengunjung dengan santai berjalan dari Kawasan Kota Tua Jakarta menuju Stasiun Jakarta Kota melewati jalur pedestrian Jalan Lada yang steril dari kendaraan, Senin (22/8/2022).Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Pengunjung dengan santai berjalan dari Kawasan Kota Tua Jakarta menuju Stasiun Jakarta Kota melewati jalur pedestrian Jalan Lada yang steril dari kendaraan, Senin (22/8/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com