Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biskita Trans Pakuan Kota Bogor Dapat Penghargaan Sebagai Transportasi Publik Ramah Anak

Kompas.com - 02/09/2022, 18:49 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah,
Ivany Atina Arbi

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Layanan angkutan umum massal Biskita Transpakuan mendapat predikat sebagai transportasi publik ramah anak dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kota Bogor.

Penilaian tersebut diberikan karena layanan bus dengan mekanisme subsidi Buy The Service (BTS) itu telah memenuhi unsur pemenuhan perlindungan dan penghargaan atas hak anak berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 atas perubahan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Ketua KPAID Dudih Syiaruddin mengatakan, layanan angkutan umum massal perkotaan Biskita Transpakuan jauh lebih baik daripada angkot konvensional.

Selain itu, sambung Dudih, kehadiran Biskita Transpakuan juga secara langsung mendukung program Kota Bogor menuju sebagai Kota Layak Anak (KLA).

Baca juga: Pengendara Mobil dengan Pelat TNI Disebut Coba Culik Puluhan Siswi SMPN 128 Halim

"Layanan Biskita memenuhi empat prinsip hak dasar anak, yaitu non-diskriminisasi, kepentingan terbaik bagi anak, hak hidup serta penghargaan terhadap pendapat anak," kata Dudih, Jumat (2/9/2022).

Sekretaris Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan Agung Rahardjo mengungkapkan, standar layanan Bus Rapid Transit (BRT) yang diterapkan pada Biskita Transpakuan menjadi lebih mudah terkontrol melalui mekanisme subsidi dalam bentuk Buy The Service.

Sebab, kata Agung, dalam operasional sehari-hari, pihak operator penyelenggara harus mampu menjaga performa standar layanannya.

Hal ini mengingat pembayaran subsidi diberikan dengan perhitungan rupiah/km operasional armada, di mana saat operasional tersebut semua standar wajib dipenuhi.

Baca juga: Gunakan Mobil Pelat TNI, 3 Pelaku yang Coba Culik Puluhan Siswi SMPN 128 Halim Ditangkap POM AU

"Apabila saat operasional terdapat standar yang tidak terpenuhi akan menjadi catatan untuk memberikan penalti yang mempengaruhi pembayaran," ungkap Agung.

Agung menambahkan, pengawasan terhadap pelaksanaan operasional didukung dengan teknologi informasi sehingga kealpaan operator dalam pemenuhan standar lebih mudah tercatat.

"Tujuan utama kami menghadirkan Biskita Transpakuan di Kota Bogor dengan standar pelayanan sedemikian rupa sebetulnya mendorong agar masyarakat Kota Bogor tetap mengandalkan angkutan umum daripada kendaraan pribadi," sebutnya.

"Namun kami bersyukur ternyata lebih dari itu upaya yang kami lakukan ini juga mendukung gerakan perlindungan anak," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com