Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT MRT Bakal Akuisisi PT KCI untuk Integrasi, Pengamat: Tidak Perlu, Itu Pemborosan

Kompas.com - 30/09/2022, 17:22 WIB
Rakhmat Nur Hakim

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat transportasi Deddy Herlambang menilai rencana PT Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta mengakuisisi PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) untuk mengintegrasikan layanan transportasi tak perlu dilakukan.

Menurut Deddy, integrasi antara PT MRT Jakarta dan PT KCI bisa dilakukan tanpa akuisisi, yakni dengan melakukan kerja sama operasi (KSO) dan membuat nota kesepahaman.

"Kalau mau integrasi kan tidak harus akuisisi. Antar-BUMN dan perusahaan swasta lainnya kan KSO (kerja sama operasi) bisa. Tinggal dicek aja per kilometer," kata Deddy kepada Kompas.com, Jumat (30/9/2022).

Baca juga: PT MRT Jakarta Hendak Akusisi PT KCI, Pemprov DKI Ungkap Dampak Positifnya

Menurut Deddy rencana akuisisi tersebut merupakan pemborosan lantaran integrasi bisa dilakukan dengan sederhan seperti penyatuan tarif dan kilometer.

Deddy mengatakan, integrasi antara PT MRT dan PT KCI bisa dilakukan dengan menyatukan kilometer yang digunakan oleh penumpang yang menggunakan layanan MRT dan kereta rel listrik (KRL).

"Kalau hanya sekadar integrasi tarif lalu harus perusahaannya diintegrasi, itu pemborosan semuanya. Kalau kita mau benchmarking, integrasi tarif jalan tol itu kan tidak harus integrasi," ujar Deddy.

"Di situ ada puluhan operator tol. Ada Waskita, Jasa Marga, dan lain-lain. Mereka kan tidak perlu akuisisi kan. Mereka cukup KSO, MoU (memorandum of understanding) per kilometer, itu kan mudah. Itu kan memakai taping," ucap Deddy.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI berupaya agar PT MRT Jakarta segera mengakuisisi saham PT KCI. Adapun PT MRT Jakarta telah mengajukan penyertaan modal daerah (PMD) senilai Rp 1,7 triliun dalam pembahasan APBD Perubahan (APBD-P) DKI 2022.

Baca juga: Pemprov DKI Ingin Akuisisi PT KCI Terealisasi, Sesuai Amanat Jokowi

Nilai tersebut setara dengan 51 persen saham PT KCI. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, rencana akuisisi PT KCI ini berdasarkan amanat Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas.

"Ini kan amanat (dalam) rapat terbatas Pak Presiden yang notulensinya sudah ada. Artinya, Jakarta terus berupaya (untuk melakukan) apa yang sudah diamanatkan Pak Presiden, untuk akuisisi PT KCI," ujar Syafrin, saat dihubungi, Kamis (29/9/2022).

Adapun Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas mengenai tata kelola transportasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), pada 8 Januari 2019.

Dalam rapat tersebut, Jokowi menegaskan bahwa pengelolaan sistem transportasi di Jabodetabek mesti sederhana dan terpadu. Selain itu, Jokowi juga menekankan soal pengelolaan transportasi yang terintegrasi dan strukturnya sederhana.

Syafrin menyatakan, rencana akuisisi tersebut bertujuan untuk mengintegrasikan pelayanan seluruh angkutan publik di Jabodetabek. Dengan pengintegrasian itu, pemprov berharap mobilitas masyarakat bakal menjadi lebih efisien.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com