Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partai Demokrat Harap Bisa Usung Sendiri Cagub DKI pada Pilkada 2024

Kompas.com - 11/10/2022, 14:01 WIB
Nirmala Maulana Achmad,
Jessi Carina

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Demokrat berharap bisa mengusung sendiri gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Demokrat DKI Jakarta, Mujiyono, saat pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) Partai Demokrat se-DKI Jakarta.

Dia mengatakan target untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta, Partai Demokrat adalah dua kursi di setiap Daerah Pemilihan (Dapil).

"Yang artinya akan ada minimal 20 kursi DPRD Provinsi DKI Jakarta sehingga Partai Demokrat dapat mengusung sendiri calon gubernur pada Pemilukada 2024," kata Mujiyono di Gelanggang Olahraga (GOR) Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (11/10/2022).

Baca juga: Akankah Demokrat Usung Anies di Pilpres 2024? AHY: Tak Boleh Dipaksakan...

Adapun merujuk Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota (UU Pilkada) Pasal 40, setiap partai politik atau gabungan bisa mendaftarkan gubernur, bupati, dan walikota dengan persyaratan perolehan paling sedikit 20 persen.

Pasal 40 ayat (1) UU Pilkada itu berbunyi “Partai politik atau gabungan partai politik dapat mendaftarkan pasangan calon jika telah memenuhi persyaratan perolehan paling sedikit 20% (dua puluh persen) dari jumlah kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau 25 persen (dua puluh lima persen) dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilihan umum angka Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di daerah yang bersangkutan."

Adapun kursi Fraksi Partai Demokrat di DPRD DKI untuk periode saat ini adalah 10 kursi. 

Mujiyono menambahkan, untuk DPR RI, Partai Demokrat menargetkan meraih empat kursi dari tiga dapil di DKI Jakarta.

Baca juga: Demi Koalisi Demokrat-Nasdem-PKS, AHY: Kami Minta Diberi Hak Sama

"Sekarang baru dua, jadi kami lipatgandakan menjadi empat," ujar Mujiyono.

Sementara target selanjutnya, lanjut Mujiyono, Partai Demokrat bisa memenangkan capres dan cawapres yang mereka usung di Provinsi DKI Jakarta.

"Yang ketiga, kami menargetkan untuk memenangkan capres dan cawapres yang diusung partai demokrat di Provinsi DKI," tutur Mujiyono.

"Target keempat, kami akan menargetkan memenangkan pemilu kepala daerah di Provinsi DKI," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com