Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Metro Kerahkan 310 Personel untuk Kawal 10.000 Massa Reuni 212

Kompas.com - 01/12/2022, 18:11 WIB
Tria Sutrisna,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya mengerahkan 310 personel untuk mengawal jalannya Reuni Aksi 212 yang digelar di Masjid At-Tin Taman Mini Indonesia Indah (TMII) , Jakarta Timur, pada Jumat (2/12/2022).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan bahwa 310 personel tersebut nanti akan bergabung dengan jajaran anggota Polres Metro Jakarta Timur.

Baca juga: Terima Pemberitahuan Kegiatan Reuni 212, Polda Metro: Estimasi Peserta 10.000 Orang

Para petugas nantinya akan mengamankan kegiatan tersebut dan mengatur arus lalu lintas di sekitar Masjid At-Tin agar tidak terjadi kemacetan.

"Kekuatan di lokasi acara di Masjid At-Tin sebanyak 310 personel ditambah dari Polres Metro Jakarta Timur. Di situ kami pasti akan membantu terkait dengan kelancaran acara, khususnya arus lalu lintas," ujar Zulpan saat dihubungi, Kamis (1/12/2022).

Menurut Zulpan, Polda Metro Jaya hanya mengerahkan 310 personel untuk mengamankan Reuni Aksi 212, karena acara yang diperkirakan diikuti 10.000 peserta itu dilaksanakan di dalam masjid.

Dengan demikian, kepolisian tidak memberikan pengamanan secara khusus ataupun penyekatan seperti aksi demonstrasi atau unjuk rasa.

Baca juga: Puluhan Orang Demo di Balai Kota DKI Tolak Pelaksanaan Reuni 212 di Masjid At-Tin

"Itu kan kegiatan di dalam masjid, kegiatan keagamaan bukan kegiatan unjuk rasa di suatu lokasi. Sehingga anggota kami juga tidak masuk ke dalam masjid, cuman seputaran di lokasi," kata Zulpan.

"Yang ingin bergabung dengan acara itu bisa kita bantu kelancarannya. Jadi memang bukan seperti unjuk rasa yang harus tersebar di beberapa titik," sambung dia.

Diberitakan sebelumnya, Reuni Aksi 212 bakal kembali digelar. Kegiatan tersebut kali ini digelar di Masjid At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, pada Jumat (2/12/2022).

Penanggung Jawab Reuni Aksi 212 Yusuf Martak menjelaskan, kegiatan pada tahun ini mengusung tema "Munajat Akbar dan Indonesia Bershalawat untuk Keselamatan NKRI".

Baca juga: Alasan Anies Baswedan Tak Diundang Reuni 212, Panitia: Enggak Mungkin untuk Baca Doa

Reuni Aksi 212 menurut rencana bakal dilaksanakan mulai Jumat dini hari sekitar pukul 02.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB.

Para peserta diwajibkan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) untuk meminimalkan penularan Covid-19.

"Dimulai dengan shalat tahajud hingga pukul 09.00 WIB. Bawa alat shalat, pakai masker, jaga protokol kesehatan, dan diharapkan mengenakan pakaian putih," ujar Yusuf dalam keterangannya, dikutip Kamis (1/12/2022).

Dalam pelaksanaannya, Yusuf menyebutkan bahwa reuni kali ini akan difokuskan pada kegiatan doa bersama dan bermunajat, tidak seperti Reuni 212 sebelumnya di kawasan Monas yang digelar bersamaan dengan aksi damai untuk menyuarakan isu tertentu.

Baca juga: 30 Orang Berdemo di Depan Balai Kota DKI, Minta Heru Budi Tak Izinkan Reuni 212

"Kenapa acara di sini? Karena memang di masjid ini kami akan melakukan acara yang bertema munajat. Di samping perjuangan, tadi sudah disampaikan, yaitu kami tidak hanya mengandalkan perjuangan, tetapi kami butuh kekuatan dari doa," ungkap Yusuf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com