Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reuni 212 Digelar di Masjid At-Tin, Lalin Padat Merayap, tetapi Belum Ada Pengalihan Arus

Kompas.com - 02/12/2022, 07:04 WIB
Joy Andre,
Fabian Januarius Kuwado

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Arus lalu lintas di Jalan Taman Mini, depan Masjid At-Tin, Jakarta Timur, Jumat (2/12/2022) pagi, cenderung padat merayap.

Kepadatan lalu lintas tersebut disebabkan oleh digelarnya aksi reuni 212 bertajuk "Munajat Akbar dan Indonesia Bershalawat untuk Keselamatan NKRI" yang digelar di Masjid At-Tin.

Pengamatan Kompas.com pukul 06.00 WIB, arus lalu lintas di Jalan Taman Mini mengalami tersendat ketika memasuki ruas depan masjid, baik yang mengarah ke Cipayung maupun yang mengarah ke Jalan Raya Bogor.

Baca juga: Massa Reuni 212 Gelar Shalat Subuh Berjamaah di Masjid At-Tin

Tersendatnya arus lalu lintas itu disebabkan oleh kerumunan orang yang hendak mengikuti aksi reuni 212. Sebab, trotoar menjadi salah satu pilihan mereka untuk berkumpul.

Selain itu, kendaraan roda dua massa aksi diparkir di trotoar dan bahu jalan sehingga kian mempersempit arus lalu lintas di Jalan Taman Mini, terutama yang mengarah ke Cipayung.

Meski demikian, kepadatan arus lalu lintas tidak berlangsung panjang. Antrean kendaraan tampak tidak sampai 500 meter. Meski perlahan, kendaraan tetap bisa melaju.

Oleh sebab itu, belum diterapkan pengalihan arus di Jalan Taman Mini.

Tampak sejumlah aparat kepolisian berjaga di tepi jalan untuk mengatur arus lalu lintas.

Reuni Aksi 212 menurut rencana bakal dilaksanakan mulai Jumat dini hari sekitar pukul 02.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB. Para peserta diwajibkan menerapkan protokol kesehatan (prokes) untuk meminimalkan penularan Covid-19.

Baca juga: Ada Harapan Ibu Negara di Balik Keanggunan Masjid Tempat Munajat Akbar Reuni 212

"Dimulai dengan shalat tahajud hingga pukul 09.00 WIB. Bawa alat shalat, pakai masker, jaga protokol kesehatan, dan diharapkan mengenakan pakaian putih," ujar Yusuf dalam keterangannya.

Yusuf menyebutkan bahwa reuni kali ini akan difokuskan pada kegiatan doa bersama dan bermunajat. Tidak seperti Reuni 212 sebelumnya di kawasan Monas yang digelar bersamaan dengan aksi damai untuk menyuarakan isu tertentu.

"Kenapa acara di sini? Karena memang di masjid ini kami akan melakukan acara yang bertema munajat. Di samping perjuangan, tadi sudah disampaikan, yaitu kami tidak hanya mengandalkan perjuangan, tetapi kami butuh kekuatan dari doa," ungkap Yusuf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com