Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov DKI Bakal Gelar Perayaan Tahun Baru 2023 di Bundaran HI dan TMII

Kompas.com - 07/12/2022, 15:10 WIB
Mita Amalia Hapsari,
Nursita Sari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar perayaan tahun baru 2023 di sejumlah lokasi.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, dua lokasi di antaranya yakni Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur dan Bundaran HI di Jakarta Pusat.

"(Lokasi perayaan tahun baru 2023) ada beberapa titik dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta. Salah satunya TMII, Bundaran HI juga ada," kata Heru di Jakarta International Equestrian Park Pulomas, Jakarta, pada Rabu (7/12/2022).

Baca juga: Pemprov DKI Gelar Perayaan Tahun Baru hingga Tingkat Kota agar Massa Terpecah

Kendati demikian, Heru belum memerinci daftar lokasi perayaan tahun baru 2023 di seluruh wilayah Jakarta.

Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata Marullah Matali sebelumnya mengatakan, perayaan tahun baru 2023 akan digelar di tingkat provinsi dan tingkat kota administratif di Jakarta.

"Tempat perayaan tahun baru (digelar) secara tingkat provinsi dan di tingkat kota. Begitu juga Natal di tingkat provinsi dan di tingkat kota," kata Marullah usai rapat pimpinan (rapim) yang digelar di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (5/12/2022).

Baca juga: Polisi Buka Layanan Hotline Titip Rumah bagi Masyarakat yang Mudik Libur Natal dan Tahun Baru

Marullah menjelaskan, perayaan sengaja digelar di berbagai tempat untuk memecah konsentrasi massa sehingga tidak terpusat di satu lokasi.

"Selain provinsi, kami siapkan tingkat kota, pertimbangannya agar konsentrasi massanya agak sedikit terpecah karena kondisinya masih PPKM di DKI Jakarta," jelas Marullah.

Konsentrasi massa dipecah untuk mencegah kerusuhan dalam kerumunan dan hal-hal buruk lainnya terkait kerumunan massa.

"Konsentrasi massa kadang-kadang ada yang imbasnya positif bagus, tapi kami antisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di Jakarta, seperti beberapa waktu yang lalu hampir terjadi hal-hal yang kurang baik. Oleh karena itu, kami antisipasi ini dengan sebaik-baiknya," ungkap Marullah.

Baca juga: Kesiapan Terminal Kalideres Hadapi Lonjakan Penumpang Jelang Natal dan Tahun Baru

Marullah belum memerinci lokasi perayaan tahun baru 2023. Namun, Marullah memastikan bahwa pelaksanaan perayaan tahun baru akan menyesuaikan aturan dari Satgas Covid-19.

"Kami akan melihat instruksi dari pemerintah pusat melalui instruksi. Kalau masih normatif seperti PPKM level 1 sekarang, maka memungkinkan untuk kami laksanakan acara tersebut," pungkas Marullah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com