Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dian "Denial" Ibunya Telah Meninggal, Salah Satu Alasan Renny Margaretha Tak Dimakamkan

Kompas.com - 09/12/2022, 21:57 WIB
Mita Amalia Hapsari,
Jessi Carina

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Ahli Psikologi Forensik dalan kasus misteri kematian satu keluarga Kalideres, mengungkap alasan sang Ibu, Renny Margaretha Gunawan (68) tidak dimakamkan dan dibiarkan membusuk di kediamannya.

Renny merupakan anggota keluarga yang meninggal urutan kedua setelah suaminya, Rudyanto Gunawan (71).

Setelah Renny meninggal, sang anak Dian Febbyana (42) dan adik Rudyanto, Budyanto Gunawan (68), hidup berdua bersama kedua mayat itu.

Ketua Asosiasi Psikolog Forensik Indonesia, Reni Kusumowardhani mengungkap, jasad Renny Margaretha dibiarkan di dalam rumah lantaran permasalahan keuangan yang dimilki keluarga itu.

Baca juga: Chat Emosional di Ponsel Keluarga Kalideres Ditulis Dian, Berisi Curhat Percintaan dan Motivasi

"Karena kondisi keuangan menipis, uang yang ada, dibutuhkan untuk menghidupi dua orang yang tersisa yakni Dian dan Budi," kata Reni dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jumat (9/12/2022).

Ia menilai, Dian dan Budi tidak meminta bantuan ke orang lain lantaran keberadaan mayat sang ayah, Rudyanto yang juga tidak dimakamkan.

"Adanya mayat Rudi sebelumnya, ini membuat Budi dan Dian sulit untuk bisa terbuka menghubungi dan minta bantuan pada keluarga," ungkap Reni.

Di sisi lain, para ahli menilai Dian mengalami situasi pathological grieving. Dian dianggap membangun suatu keyakinan seolah-olah ibunya masih hidup.

"Ada situasi denial anaknya, Dian, dalam bentuk pathological grieving. Dian membangun suatu keyakinan seolah-olah ibunya masih hidup. Jenazah Renny diperlakukan seperti orang yang masih hidup, dirawat, dibersihkan," jelas dia.

Baca juga: Pakar Psikologi Forensik Ungkap Sosok Dian yang Tewas di Kalideres, Sangat Bergantung pada Ibunya

"Selain itu, tampak di TKP, alas (tidur) masih sangat bersih. Hasil otopsi dia tampak seperti dirawat dan posisi seperti tidur," imbuh Reni.

Dalam kondisi tersebut, Dian pun kemudian menyusul kematian sang ibu, dengan berbaring di kamar yang sama. Dian diyakini sengaja mengunci pintu kamar dari dalam, lalu meninggal dunia.

Ahli Forensik juga menyebut, penyebab kematian Dian adalah lantaran gangguan pernapasan akut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com