Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peserta Street Race Seri Kelima: Bersyukur Punya Hobi Didukung Pemerintah

Kompas.com - 18/12/2022, 18:40 WIB
Reza Agustian,
Fabian Januarius Kuwado

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya menggelar pre-event street race seri kelima di Jalan H Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (18/12/2022).

Salah satu peserta, Ilham alias Kentung mengaku bersyukur dengan diselenggarakannya street race untuk masyarakat umum.

Menurut dia, street race menjadi suatu ruang bagi masyarakat dalam mengembangkan bakat yang terpendam dalam dunia balap.

"Tentu menjadi terbantu juga hobi-hobi yang kami punya dapat tersalurkan juga, seperti bagaimana ya bersyukur ketika punya hobi tapi didukung pemerintah," ujar Kentung saat ditemui di Kemayoran, Minggu.

Baca juga: Hujan Sempat Mengguyur, Tak Surutkan Peserta Jajal Lintasan Balap Street Race Kemayoran

Kentung mengungkapkan, pada saat puncak acara street race seri kelima nanti, ia dengan tim dari bengkelnya akan menurunkan lebih dari tiga sepeda motor.

"Rencana bakal turunin lebih dari tiga motor. Motor matic semua Mio, Aerox sama Vario," ungkap dia.

Atas dasar tersebut, pada acara pre-event ini bengkelnya bernama SRT dari Jatibening, Bekasi, menjajal panasnya lintasan balap Kemayoran.

Kentung menjajal dua motor dari bengkel tempatnya berlabuh sebelum bertarung pada puncak acara Januari nanti.

"Hari ini bawa motor Aerox sama PCX. Jadi tujuan datang kesini buat nyeting (mencoba motor) saja. Kalau buat balap langsung di Sirkuit Sentul biasanya ada di hari Senin dan Rabu," ucap Kentung.

Baca juga: Street Race di Kemayoran Kembali Digelar Awal 2023

Adapun, event sebelum puncak acara street race Kemayoran itu diramaikan peserta yang menjajal lintasan sepanjang 500 meter.

Silih berganti, motor dari berbagai cubic capacity (CC) atau kelas mengetes kecepatan sepeda motornya sebelum digunakan pada puncak acara nanti.

Suara bising dari knalpot motor turut menggema di kawasan itu.

Dengan terampil bak pembalap profesional, para peserta menancapkan gas sepeda motornya setelah hitungan mundur dari pemberi aba-aba di garis start.

Sebagai informasi, seri kelima Street Race rencananya digelar di Jalan H Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, mulai 15 Januari 2023.

"Rencana tanggal 15 Januari di Kemayoran," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman, Jumat (2/12/2022). 

Baca juga: Menjajal Lintasan Balap di Pre-event Street Race Seri Kelima di Kemayoran...

Adapun ajang balap yang difasilitasi Polda Metro Jaya itu pertama kali berlangsung di Ancol pada 16 Januari 2022 dan diikuti 350 peserta.

Balapan jalanan resmi tersebut diinisiasi Polda Metro Jaya untuk menekan aksi balap liar yang kerap dilaksanakan di jalan raya.

Setelah street race di Ancol, polisi menggelar kegiatan serupa di kawasan BSD, Tangerang pada 22 sampai 24 April 2022.

Kegiatan tersebut kemudian berlanjut dan kembali digelar di kawasan Meikarta, Bekasi pada 18 dan 19 Juni 2022, serta pada 3 dan 4 September 2022 di Kemayoran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com