Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT RI: Ancol Gelar Panjat Pinang hingga Wayang Kulit

Kompas.com - 16/08/2008, 10:15 WIB

JAKARTA, SABTU — Jika Anda warga Jabodetabek dan tak punya acara ke luar kota selama libur panjang tiga hari, Sabtu (16/8) hingga Senin, ini Anda tak perlu risau. Ada banyak hal yang bisa dilakukan.

Di sepanjang Kali Malang, Jakarta Timur, misalnya, biasanya selalu ramai dengan lomba panjat pinang di atas sungai. Tempat lomba berderet-deret sejak Pasar Ciplak di barat hingga perbatasan Jakarta-Bekasi di Pondok Kelapa.

Ancol juga bisa menjadi pilihan. Sebab, akan ada 363 batang pinang yang siap dipanjat secara gratis pada puncak perayaan Hari Kemerdekaan ke-63 Republik Indonesia, Minggu (17/8), dengan iringan musik dangdut dari Ira Swara, Inul Daratista, dan Radja. Hadiahnya pun bermacam-macam, seperti sepeda, tape recorder, dan rice cooker.

"Menurut kami, hadiah tersebut lebih dibutuhkan masyarakat ketimbang hadiah-hadiah lain, di mana keadaan sekarang kan semakin sulit," ujar Humas PT Jaya Ancol Sofia Cakti ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (16/8). Untuk mengikuti lomba khas 17-an ini peserta tidak dikenakan pungutan tambahan.

Masyarakat hanya dikenakan biaya masuk ke Taman Impian Jaya Ancol dan mendaftar ke panitia panjat pinang. Pada hari spesial ini, PT Jaya Ancol meluncurkan penawaran khusus, buy one get one free ticket untuk Dufan, Atlantis Hotel Adventure, dan Gelanggang Samudera. Ini sesuai dengan tema perayaan Hari Kemerdekaan RI yang diusung PT Jaya Ancol, "Pesta Manusia Merdeka".

Sementara, pada Sabtu (16/8) malam ini, PT Jaya Ancol akan menyuguhkan kesenian tradisional Jawa Tengah, wayang kulit. Ini juga salah satu bentuk perayaan HUT RI sekaligus mengingatkan masyarakat akan kesenian asli Indonesia.

Pertunjukan wayang kulit dengan dalang Ki Enthus akan dimulai pukul 21.00 di Pasar Seni Taman Impian Jaya Ancol. Sabtu dan Minggu malam ini, Pantai Karnaval akan digemparkan dengan pertunjukkan musik pop yang akan menampilkan sejumlah band andalan Indonesia, seperti Five Minutes, Jikustik, Tiket, J-Rock, Duo Maia, dan Letto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com